Update Mudik Lebaran 2024: Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Arus Balik

13 Apr 2024 11:04 WIB

thumbnail-article

Situasi kemacetan arus mudik Lebaran 2024 di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM150, Mekarjaya, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Jelang usainya libur Lebaran Idulfitri 2024, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas demi mengantisipasi kepadatan kendaraan selama arus balik berlangsung.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah penanganan arus balik dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol maupun arteri.

Beberapa rekayasa yang akan dilakukan tersebut, jelas Irjen Pol. Aan Suhanan, adalah oneway, contra flow, ganjil-genap, pembatasan kendaraan sumbu III, dan safety car.

Nantinya, rekayasa one way akan diberlakukan dari KM414 Gate Tol Kalikangkung hingga KM72 Tol Jakarta–Cikampek dan dilanjutkan rekayasa berupa contra flow hingga KM47.

Jenderal polisi bintang dua itu juga menjelaskan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas arus balik ini sesuai dengan jadwal yang tertera dalam Surat Keputusan Bersama (SKB), yakni dari tanggal 12 April sampai dengan 14 April 2024.

Sementara itu, untuk penerapan rekayasa ganjil-genap tetap diberlakukan saat arus balik, serta pembatasan operasional sumbu III ke atas juga akan diterapkan.

“Pembatasan barang juga tetap akan kita lakukan sampai dengan tanggal 16 [April] kemudian ganjil-genap juga akan dilakukan pada saat arus balik,” terangnya, mengutip laman web Humas Polri.

Evaluasi contra flow arus mudik

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan juga menyatakan pihak kepolisian akan menerapkan sejumlah perbaikan pada pelaksanaan rekayasa contra flow setelah mengevaluasi selama arus mudik.

“Ada beberapa perbaikan terutama terkait dengan safety dengan keselamatan kita akan memberikan reflektor nanti dari arah contra flow maupun dari arah yang jalur seharusnya kalau kemarin hanya satu bagian ya nanti akan kasih dua bagian,” terang Irjen Pol. Aan.

Selain reflektor, Aan Suhanan juga menyatakan akan memasang cone dengan jarak 10 meter.

“Untuk jarak cone ke cone kalau kemarin 30 meter sekarang jadi 10 meter dan setiap 2,5 meter yang dirapatkan di setiap 2,5 meter untuk pembatasannya,” katanya.

Selama arus balik berlangsung, Irjen Pol. Aan juga akan menempatkan petugas di setiap median jalan untuk melakukan pengawalan pemberlakuan rekayasa contra flow.

“Kita juga akan menempatkan petugas di setiap median jalan dari Jasa Marga maupun dari kepolisian, kemudian kita juga akan menyiapkan safety car artinya nanti akan dikawal ya kalau kita mulai dari 72–47 setelah itu nanti akan dikawal kembali ini untuk memelihara kecepatan di contra flow yang maksimal hanya 60 km/jam,” jelasnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER