Tahukah Anda Urutan Kelas Kereta Api? Ketahui di Sini dan Jangan Salah Pilih Gerbong

8 April 2024 21:04 WIB

Narasi TV

Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Sering mendengar istilah kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan luxury saat berbicara tentang perjalanan kereta api?

Memahami perbedaan antara kelas kereta api sangatlah penting bagi calon penumpang yang ingin memesan tiket, karena hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan layanan dan fasilitas sesuai dengan keinginan mereka.

Apa sajakah perbedaan antara kelas-kelas kereta api tersebut? Mari simak penjelasannya yang di bawah ini terkait urutan kelas kereta Api dilansir dari laman resmi PT KAI.

1. Kelas ekonomi

Kelas ekonomi adalah kelas paling terjangkau di antara semua kelas kereta api. Kereta dengan kelas ekonomi biasanya memiliki kapasitas antara 80 hingga 106 kursi, menjadikannya kelas dengan jumlah kursi terbanyak.

Dalam perkembangannya, kelas ekonomi kini telah mengalami banyak perubahan, seperti adanya fasilitas AC dan colokan listrik. Seperti kelas lainnya, kelas ekonomi juga dilengkapi dengan rak bagasi untuk barang bawaan dan toilet yang bersih.

Terdapat beberapa tipe kereta ekonomi, seperti tipe dengan kapasitas 106 kursi, 80 kursi, dan 64 kursi yang ditujukan khusus untuk difabel, lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus. Salah satu yang terbaru adalah kelas ekonomi premium dan ekonomi new image.

Kelas ekonomi premium merupakan perbaikan dari kelas ekonomi new image, dengan kapasitas 80 penumpang. Tempat duduknya dibagi menjadi dua, yaitu yang sejalan dan berlawanan arah dengan laju kereta. Di kelas ini, penumpang dapat menikmati kursi yang dapat direbahkan (reclining seat) dan sandaran tangan (arm rest) untuk kenyamanan perjalanan.

2. Kelas bisnis

Kelas bisnis memiliki fasilitas yang sedikit berbeda dari kelas eksekutif, seperti tidak adanya kursi yang dapat direbahkan (reclining seat).

Posisi kursi juga dapat diubah sesuai keinginan penumpang, apakah ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya. 

Sama seperti kelas ekonomi, kelas bisnis juga dilengkapi dengan AC dan colokan listrik.

3. Kelas eksekutif

Bagi yang menginginkan kenyamanan lebih, kelas eksekutif menjadi pilihan yang tepat. Kapasitas kelas ini hanya untuk 50 penumpang saja. Fasilitas yang ditawarkan pun lebih lengkap.

Kursi dalam kelas eksekutif disusun dengan format 2-2, empuk, dapat diatur posisinya sesuai keinginan, dan memiliki ruang kaki yang luas serta pijakan kaki.

Fasilitas lainnya meliputi colokan listrik, selimut, televisi, meja makan, toilet, AC, bahkan WiFi yang tersedia di beberapa kereta. Selain itu, perjalanan dengan kereta eksekutif juga lebih cepat karena hanya berhenti di beberapa stasiun.

4. Kelas luxury

Bagi yang ingin menikmati perjalanan dengan kenyamanan ekstra, kereta api luxury menjadi pilihan utama. Kereta api luxury, atau sleeper train, generasi pertama diluncurkan pada tahun 2018 dengan kapasitas 18 tempat duduk.

Fasilitas yang ditawarkan meliputi kursi empuk yang dapat direbahkan hingga kemiringan 170 derajat, pembatas antarpenumpang, hiburan di dalam kereta, laci penyimpanan, lampu baca, colokan listrik, dan headphone.

Selanjutnya, ada juga kereta api luxury generasi kedua dengan kapasitas 26 tempat duduk yang diperkenalkan pada tahun 2019.

Fasilitas yang disediakan meliputi lampu baca, colokan listrik, kursi yang dapat direbahkan hingga kemiringan 140 derajat, serta fasilitas makan berat, camilan, dan minuman yang disediakan secara gratis oleh KAI.

Selain itu, terdapat fasilitas ruang tunggu luxury di beberapa stasiun, di mana penumpang dapat menikmati teh atau kopi secara gratis sambil menunggu keberangkatan kereta.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR