Urutan Nonton Film Chucky Sesuai Kronologi, Siap-siap Dihantui Si Boneka Keji!

2 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Boneka Chucky saat muncul dalam film Child's Play 1 (1988). Sumber: CNN.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Penggemar film horor dan slasher pasti sudah tidak asing dengan sosok Chucky. Boneka dengan senyum mengerikan itu menjadi ikon dari waralaba film Child's Play yang legendaris. 

Kesuksesan Child's Play membuat karakter Chucky tidak hanya hadir di layar lebar, melainkan juga buku komik, video gim, serial televisi, hingga berbagai merchandise

Karakter Chucky atau Charles Lee Ray sendiri merupakan seorang pembunuh berantai yang hampir mati dan melakukan ritual voodoo untuk memindahkan arwahnya ke dalam sebuah boneka Good Guys. 

Boneka itu kemudian membawa teror mengerikan bagi pemilik-pemiliknya sehingga dianggap sebagai boneka terkutuk. 

Sejauh ini, terdapat delapan film Chucky yang telah dibuat. Dimulai dari tiga seri film pertamanya yang menggunakan judul Child's Play, hingga yang terbaru yaitu remake film Child's Play yang rilis pada 2019 silam. 

Lantas, seperti apa urutan menonton film-film Chucky sesuai kronologinya?

Urutan film Chucky sesuai kronologi

Berikut ini urutan menonton film Chucky atau Child's Play sesuai dengan kronologi beserta sinopsis singkat setiap filmnya. 

  • Child's Play 1 (1988)

Child's Play 1 bercerita tentang Andy, anak berusia enam tahun yang meminta ibunya, Karen, untuk membelikannya boneka Good Guys. Tanpa sepengetahuan Karen, boneka itu ternyata dirasuki oleh arwah pembunuh berantai bernama Charles Lee Ray.

Boneka yang diberi nama Chucky itu pun melanjutkan aksi pembunuhannya yang keji, dan hanya Karen dan Andy yang bisa menghentikannya.

  • Child's Play 2 (1990)

Dua tahun setelah film pertamanya, Child's Play melanjutkan kisah Andy yang kini tinggal di panti asuhan setelah kematian Chucky. 

Di sisi lain, CEO perusahaan yang memproduksi Good Guys meminta boneka Chucky dirakit ulang. Akhirnya, Charles Lee Ray alias Chucky bangkit kembali dan mencari Andy untuk memindahkan jiwanya ke dalam tubuh Andy. 

  • Child's Play 3 (1991)

Pada film ketiga yang berlatar delapan tahun setelah kejadian di film kedua, Andy diceritakan telah tumbuh sebagai remaja dan terdaftar di sekolah militer. Sementara itu, Play Pals Toy Company memutuskan untuk memproduksi kembali boneka Good Guys menggunakan bahan baku lama. 

Karena kesalahan seorang pegawai yang tak sengaja mencampurkan darah Chucky ke material boneka, ia kembali hidup dan mengejar Andy. Dalam pencariannya, Chucky jatuh ke tangan seorang anak laki-laki dan memutuskan untuk mengubah target dari Andy ke pemilik barunya itu.

  • Bride of Chucky (1998)

Dalam film keempat ini, bagian-bagian tubuh Chucky ditahan di kantor polisi sebagai bukti. Kekasih Charles Lee Ray, Tiffany, kemudian mengambil anggota tubuh Chucky dan menyusunnya kembali serta menghidupkan ulang sang pembunuh keji.

Merasa butuh bantuan orang lain, Chucky membunuh Tiffany dan menghidupkannya kembali dalam tubuh boneka. Keduanya pun menikah dan menghabiskan bulan madu dengan bersama-sama menebarkan teror pembunuhan.

  • Seed of Chucky (2004)

Enam tahun berselang usai Bride of Chucky, boneka muda bernama Glen yang merupakan anak Chucky dan Tiffany berupaya untuk menghidupkan kembali kedua orang tuanya. Di sisi lain, sebuah film tentang Chucky dan Tiffany tengah diproduksi di Hollywood. 

Glen kemudian pergi ke Hollywood, menghidupkan kembali Glen-Tiffany, dan memulai serangkaian pembunuhan bersama orang tuanya. Tiffany pun memaksa aktris Jennifer Tilly yang akan memerankan dirinya dalam film untuk hamil. Nantinya, anak itu akan dijadikan tubuh baru bagi Glen.

  • Curse of Chucky (2013)

Dalam film ini, Chucky dikirim ke rumah seorang perempuan muda yang mengalami lumpuh bernama Nica. Karena takut, Nica membuang Chucky ke tempat sampah. Malamnya, Nica menjumpai sang ibu, Sarah, tewas di ruang tamu bersama boneka Chucky di sampingnya. 

Nica mencurigai Chucky sebagai pembunuh ibunya. Ia pun berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya dari ancaman Chucky yang berniat untuk menghabisi nyawa mereka. 

  • Cult of Chucky (2017)

Film ketujuh ini melanjutkan cerita Nica yang kini berada di rumah sakit jiwa karena dituduh membunuh keluarganya. Namun, ia tahu bahwa Chucky adalah pembunuh yang sebenarnya. 

Mendengar cerita Nica, Andy yang kini telah dewasa mencoba membantu Nica untuk menghentikan Chucky dan Tiffany. Film Call of Chucky merupakan seri terakhir Chucky sebelum dibuat film versi remake

  • Child's Play (2019)

Film terakhir dari seri Chucky ini merupakan remake film pertamanya yaitu Child's Play yang rilis pada 1988. Dalam remake ini, boneka Chucky berganti nama menjadi Buddi dan dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI). 

Dengan kesadaran yang dimilikinya, Buddi menunjukkan perliaku kejam dan membunuh orang-orang di sekitar pemiliknya, Andy. 

Nah, itu dia urutan menonton film Chucky atau Child's Play sesuai kronologinya. Selamat menonton!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR