Urutan Nonton Film Harry Potter sesuai Kronologi, Termasuk Fantastic Beasts

21 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Kompilasi poster seri film "Harry Potter." Sumber: harrypotter.fandom.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Harry Potter merupakan salah satu seri film fantasi yang paling populer di seluruh dunia. Basis penggemar Harry Potter bahkan memiliki sebutan khusus yaitu “Potterhead”. 

Seri film yang diangkat dari novel karya J.K. Rowling ini berjumlah total delapan film utama dan tiga film spin-off. Cerita dalam film Harry Potter berfokus pada petualangan Harry Potter, seorang penyihir muda, bersama teman-temannya di sekolah sihir Hogwarts.

Film Harry Potter dibintangi oleh Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Tom Felton, Alan Rickman, Robbie Coltrane, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin menonton film-film Harry Potter, sebaiknya kamu menonton sesuai dengan urutan kronologisnya supaya lebih mudah dalam memahami jalan cerita di semesta para penyihir. 

Berikut ini urutan film Harry Potter berdasarkan kronologinya, termasuk tiga film spin-off yang merupakan prekuel dari cerita Harry Potter dkk. 

  • Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)

Fantastic Beasts and Where to Find Them merupakan film spin-off pertama dari seri Harry Potter. Film ini bercerita tentang hewan-hewan mitologi yang muncul di petualangan Harry Potter dan teman-temannya. 

Film ini berlatar tahun 1926 dan mengikuti perjalanan Newt Scamander (Eddie Redmayne) dalam menemukan dan mendokumentasikan seluruh makhluk mitologi yang ada di berbagai penjuru dunia. 

  • Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald (2018)

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald merupakan kelanjutan dari prekuel pertama Harry Potter dan masih menampilkan karakter Newt Scamander. 

Albus Dumbledore (Jude Law) yang saat itu masih muda meminta Newt Scamander untuk membantunya dalam menggagalkan rencana penyihir hitam Grindelwald (Johnny Depp), yaitu membesarkan penyihir berdarah murni untuk memimpin seluruh makhluk non-sihir. 

  • Fantastic Beast: The Secrets of Dumbledore (2022)

Fantastic Beast: The Secrets of Dumbledore merupakan prekuel ketiga dari seri film Harry Potter. Film ini mengikuti upaya Albus Dumbledore dalam menghentikan Grindelwald (Mads Mikkelsen) yang mulai bergerak untuk menguasai dunia sihir. Dalam menjalankan misinya ini, Dumbledore muda dibantu oleh Newt Scamander. 

  • Harry Potter and The Sorcerer’s Stone (2001)

Harry Potter and the Sorcerer's Stone merupakan adaptasi pertama dari novel karya J.K . Rowling. Film pembuka ini bercerita tentang Harry Potter (Daniel Radcliffe), anak laki-laki yatim-piatu yang menerima undangan masuk sekolah sihir Hogwarts pada hari ulang tahunnya yang kesebelas. Di Hogwarts, Harry bertemu dengan beberapa teman sesama penyihir yang kemudian menjadi sahabatnya selama menempuh pendidikan sihir. 

  • Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002)

Harry Potter and The Chamber of Secrets melanjutkan kisah Harry Potter dari film sebelumnya. Dalam film ini, Harry Potter bersama kawan-kawannya, Ron (Rupert Grint) dan Hermione (Emma Watson), menghadapi tantangan baru selama tahun kedua mereka di sekolah sihir Hogwarts. Bersama-sama, mereka mencoba menemukan kekuatan gelap yang menimbulkan teror di sekolah.

  • Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004)

Tahun ketiga Harry Potter di Hogwarts disambut dengan kaburnya Sirius Black (Gary Oldman) dari penjara Azkaban. Sirius berambisi untuk membunuh penyihir remaja, termasuk Harry Potter. Di masa-masa genting ini, pertemanan Harry dengan Ron dan Hermione justru sedang renggang. Sementara itu, segerombolan Dementor dikirim untuk melindungi sekolah dari ancaman Sirius Black. 

  • Harry Potter and The Goblet of Fire (2005)

Film keempat dari seri Harry Potter ini menceritakan turnamen yang diikuti oleh tiga sekolah sihir terbesar. Satu orang peserta turnamen ini dipilih dari masing-masing sekolah melalui Goblet of Fire. Harry yang saat itu telah berada di tahun keempat di Hogwarts rupanya terpilih sebagai perwakilan dari Hogwarts. Ia pun harus bersaing dalam turnamen berbahaya tersebut.

  • Harry Potter and The Order of Phoenix (2007)

Pada tahun kelimanya di Hogwarts, Harry Potter menjumpai fakta bahwa banyak penyihir yang menyangkal kembalinya Lord Voldemort. Menteri Sihir Cornelius Fudge curiga bahwa Dumbledore berbohong dengan mengklaim kembalinya Voldemort karena ingin menjegal Fudge sebagai menteri. Fudge kemudian menunjuk kekasihnya, Dolores Umbridge, sebagai guru di Hogwarts. Dolores membuat metode pengajaran dan aturan baru yang ketat bagi para siswa Hogwarts.

  • Harry Potter and The Half-Blood Prince (2009)

Film ini dibuka dengan kedatangan pasukan Death Eaters yang membuat kekacauan di dunia sihir dan non-sihir. Hogwarts pun tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi murid-muridnya. Harry Potter mencurigai adanya bahaya baru yang mengintai dari dalam tembok kastil. Sementara itu, Dumbledore meminta Harry bersiap untuk pertempuran akhir dengan Voldemort. 

  • Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 1 (2010)

Tanpa pengawasan dan perlindungan dari profesor mereka, Harry, Ron dan Hermione memulai misi untuk menghancurkan Horcrux, sumber keabadian Voldemort. Tanpa mereka sadari, ada kekuatan gelap yang mengancam untuk memisahkan mereka. Di sisi lain, pasukan Death Eaters Voldemort yang telah menguasai Hogwarts mencari Harry untuk menghancurkan sang penyihir. 

  • Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 (2011)

Film terakhir seri Harry Potter ini melanjutkan upaya tiga sahabat dalam mengalahkan Lord Voldemort. Saat Ron dan Hermione melanjutkan pencarian Horcrux, sumber keabadian Voldemort, Harry harus berhadapan langsung dengan raja kegelapan itu. Harry dan Voldemort bertemu di Hogwarts dan terlibat dalam pertarungan puncak yang epik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR