5 Urutan Skincare untuk Remaja Lengkap Beserta Manfaatnya

7 Jun 2024 12:06 WIB

thumbnail-article

Seorang perempuan yang sednag mengaplikasikan skincare. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Perawatan kulit penting dilakukan sejak dini agar kulit wajah tetap sehat. Tak heran jika skincare remaja kini banyak bermunculan. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan urutannya agar hasilnya optimal. Berikut ini urutan skincare untuk remaja.

Kulit wajah memang harus dirawat sejak remaja. Hal ini untuk menghindarkan dari berbagai masalah kulit di kemudian hari. Namun, perawatannya tak bisa sembarangan. Kamu perlu memperhatikan komponen dan urutannya agar tidak berat di kulit wajah remaja.

Sebelum itu, kenali dulu tipe wajahmu. Ada lima tipe yaitu kering (dry), berminyak (oily), normal, sensitif, dan kombinasi. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu, keringkan, dan diamkan selama 30 menit.

Jika kulitmu terasa lembut, tidak berminyak, dan tidak kering berarti termasuk tipe kulit normal. Jika terasa kasar saat disentuh berarti tipe kulit kering. Jika terasa lengket berarti termasuk tipe berminyak. Jika hanya berminyak di T zone (dahi, hidung, dan dagu) berarti termasuk tipe kombinasi. Dan jika terasa gatal dan kemerahan berarti termasuk sensitif.

Urutan skincare untuk remaja

Setelah mengenali tipe kulit, selanjutnya adalah mengaplikasikan skincare yang sudah dipilih. Berikut urutan skincare untuk remaja:

  • Pembersih wajah

Pilih facial wash yang sesuai dengan tipe kulit. Biasakan untuk tidak menggosok secara kasar, melainkan gerakan melingkar dengan lembut. Pastikan seluruh bagian wajah dibersihkan secara baik dan benar.

Biasakan juga melakukan double cleansing setelah beraktivitas seharian. Caranya dengan menggunakan micellar water, kemudian lanjut mencuci muka dengan facial wash. Hal ini untuk mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah agar tak menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Toner

Toner bisa menjadi pembersih kedua setelah menggunakan facial wash. Bahkan, beberapa produk toner dilengkapi dengan formula untuk mengatasi masalah kulit seperti kemerahan dan kering.

  • Serum 

Selanjutnya adalah menggunakan serum yang tepat. Biasanya serum untuk remaja mengandung asam salisilat untuk mengatasi sumbatan di pori-pori, niacinamide untuk menjaga kesehatan kulit, dan cica untuk mengatasi iritasi. Aplikasikan dengan cara menepuk, terutama di bagian T zone.

  • Pelembab

Sesuai namanya, pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Carilah produk pelembab yang berbahan dasar air karena akan terasa ringan di kulit. Produk skincare remaja yang baik tak akan menyumbat pori-pori.

  • Sunscreen

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa menggunakan sunscreen. Remaja pun dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari sebanyak dua ruas jari. Hal ini dikarenakan sinar UV berlebihan mampu merusak kulit dan menimbulkan penuaan dini.

Manfaat skincare untuk remaja

Penggunaan skincare yang konsisten dapat membuahkan hasil di kemudian hari. Oleh karena itu, para remaja dianjurkan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit sejak dini. Berikut ini manfaat skincare untuk remaja:

  • Memberikan nutrisi pada wajah yang sering terpapar debu, sinar matahari, dan polusi udara lainnya.
  • Menunda munculnya kerutan di wajah.
  • Menjaga kelembutan kulit melalui kandungan kolagen dalam skincare.
  • Menghindarkan dari kulit kusam.
  • Mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan noda hitam.

 

Itu tadi urutan skincare beserta manfaatnya untuk remaja. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER