Urutan Skincare yang Wajib Kamu Tahu Biar Glowing Maksimal

17 Jan 2023 12:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang menggunakan skincare. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Punya wajah glowing dan terawat adalah impian setiap orang. Apalagi sekarang banyak sekali jenis skincare yang bisa dicoba, baik brand lokal maupun luar negeri. Tapi, skincare akan menjadi percuma kalau kamu tidak tahu cara menggunakannya.

Mengenal Tipe Kulit Wajah

Sebelum mengaplikasikan skincare, kamu harus kenali lebih dulu jenis kulitmu. Ada 5 jenis kulit (skin type) di antaranya:

  1. Normal
  2. Kulit kering (dry skin)
  3. Kulit berminyak (oily)
  4. Kulit wajah sensitif
  5. Kulit wajah kombinasi

Skincare yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit wajah. Pastikan juga sesuai dengan keluhan yang ada seperti jerawat, noda hitam, komedo, dan lain sebagainya.

Urutan menggunakan skincare

Skincare bisa digunakan pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Kedua tipe skincare-nya pun jelas berbeda. Berikut urutan menggunakan skincare yang paling basic dan wajib kamu lakukan:

  • Awali dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka atau face wash

Gunakan face wash jenis foam untuk kulit kering dan gel untuk kulit berminyak dan sensitif.

  • Lakukan double cleansing

Setelah mencuci wajah, kamu bisa lakukan double cleansing dengan menggunakan cairan double cleansing yang dituang ke kapas. Double cleansing juga wajib kamu lakukan saat membersihkan make up.

  • Gunakan toner untuk mengembalikan PH wajah

Toner dapat diaplikasikan menggunakan kapas atau telapak tangan yang steril dan bersih.

  • Gunakan serum

Penggunaan serum ini dapat dilakukan dengan cara diteteskan ke telapak tangan dan ditepuk perlahan ke wajah. Hindari meneteskan serum dari pipet langsung ke wajah karena dapat membuat pipet tidak steril lagi.

  • Gunakan pelembab wajah atau moisturizer

Skin type apapun tetap harus menggunakan moisturizer untuk melembabkan kulit. Khusus untuk kulit wajah berminyak, disarankan untuk menggunakan moisturizer non comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori wajah.

  • Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30

Walaupun sudah menggunakan moisturizer ber-SPF, kamu harus tetap menggunakan sunscreen yang diaplikasikan sebanyak dua ruas jari (telunjuk dan jari tengah) untuk wajah. Jangan lupa gunakan di leher juga ya!

Basic skincare ini dapat kalian lakukan sebelum menggunakan make up dan sebelum tidur. Penggunaan yang rutin dengan urutan yang sesuai akan membuat kulitmu terawat secara maksimal. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER