Wabah Kutu Busuk Paris Sampai di Maroko, Negara Lain Terancam

10 Oktober 2023 14:10 WIB

Narasi TV

Menteri Transportasi Prancis, Clément Beaune. Sumber: BBC.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Wabah kutu busuk di Prancis terancam menyebar ke negara lain. Apalagi sebentar lagi perhelatan Olimpiade Paris 2024 akan digelar. Pemerintah Prancis berjibaku mengatasi bencana kutu busuk sebelum event olimpiade pada 26 Juli-11 Agustus 2024.

Wabah kutu busuk ramai menjadi perbincangan publik usai banyaknya video yang tersebar di media sosial. Dalam video tersebut terlihat kutu merayap di kereta berkecepatan tinggi dan metro Paris.

Awalnya, kutu busuk ini muncul di hotel dan apartemen sewaan untuk liburan musim panas. Kemudian kutu menyebar hingga muncul di sekolah, bioskop, dan Bandara Charles de Gaulle. Masyarakat Paris pun semakin waspada ketika akan duduk atau meletakkan barang di lantai.

Negara yang sudah mendeteksi kehadiran kutu busuk di wilayahnya yaitu Maroko. Otoritas pelabuhan Tangier, Maroko menemukan kutu busuk dari kapal feri penumpang dari Marseille, Prancis Selatan.

Akibatnya, penumpang diminta menunggu sambil petugas membersihkan dan mensterilkan kapal dan kargo. Baru setelah itu penumpang diizinkan untuk turun. Ini adalah rangkaian protokol pemantauan tambahan yang diterapkan Maroko untuk mencegah penyebaran kutu busuk dari kapal Prancis.

Perlu diketahui, kutu busuk adalah makhluk domestik. Ia dapat pergi kemanapun manusia pergi tanpa terpengaruh cuaca. Mereka bergerak melalui koper dan menyebar di tempat-tempat umum. Kutu ini akan keluar pada malam hari untuk makan darah manusia.

Usaha pemerintah setempat

Pemerintah Perancis bekerja keras mengatasi kepanikan nasional karena kutu busuk. Pihaknya khawatir dengan pemberitaan soal kutu busuk ini dapat merusak citra Paris dan berdampak pada pariwisata di sana. Apalagi perhelatan Olimpiade Paris 2024 tinggal 9 bulan lagi.

“Masalah ini perlu ditanggapi dengan sangat serius, jangan ada penyangkalan, dan jangan histeris,” ujar Menteri Transportasi Clément Beaune, dikutip dari BBC.

Langkah-langkah yang sedang dipertimbangkan pemerintah Perancis adalah mengatur harga pemberantasan, memperjelas tanggung jawab keuangan antara pemilik apartemen dan penyewa, serta daftar perusahaan pengendalian hama yang terdaftar.

Cara menghilangkan kutu busuk

Kutu busuk dapat menyebar melalui perjalanan dan perpindahan orang-orang. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut terkait cara menghilangkan kutu busuk:

  • Waspada saat bepergian

Perlu diketahui, kutu busuk dewasa berwarna coklat hingga coklat kemerahan berbentuk oval seukuran biji apel. Kutu ini akan keluar pada malam hari untuk makan darah manusia.

Sangat disarankan untuk membawa botol semprot kecil berisi isopropil alkohol untuk memeriksa celah antara kasur dan rangka. Kutu busuk sangat membenci alkohol sehingga mereka akan keluar dari tempat persembunyiannya.

  • Cuci semua alas tidur dan pakaian

Cuci semua alas tidur dan pakaian menggunakan air panas dengan suhu 60 derajat Celcius selama 30 menit. Kamu juga bisa memasukkan dalam freezer dengan suhu -16 derajat Celcius selama empat hari.

  • Rutin membersihkan kasur dan celah lainnya

Jangan abai terhadap kasur dan celah-celahnya karena itu adalah tempat kutu busuk bersembunyi. Jadi, bersihkan kasur dan celahnya secara rutin agar tidak menjadi sarang kutu busuk.

  • Hubungi pengendalian hama

Jika kamu tidak bisa menyingkirkan kutu busuk sendirian, maka kamu bisa menghubungi pengendalian hama.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR