Wasit Nasrullo Jadi Public Enemy Usai Dinilai Rugikan Timnas Indonesia saat Lawan Qatar

17 April 2024 10:04 WIB

Narasi TV

Wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Indonesia vs Qatar di Piala Asia U-23 (15/4/2024). Sumber: AFC.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Wasit Nasrullo Kabirov dari Tajikistan telah menjadi sorotan masyarakat Indonesia setelah keputusan kontroversialnya dalam pertandingan Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia mengalami kekalahan 0-2 dari Qatar, yang berlangsung pada Senin (15/4/2024) malam WIB.

Keputusan-keputusan yang diambil oleh Nasrullo Kabirov, seperti memberikan kartu merah kepada Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta, serta memberikan Qatar hadiah penalti atas pelanggaran Rizky Ridho di dalam kotak penalti, telah menimbulkan kontroversi dan dinilai merugikan Timnas Indonesia.

Beberapa keputusan yang dianggap kontroversial tersebut membuat Nasrullo Kabirov dikritik karena dianggap memihak satu tim.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkapkan kekecewaannya terhadap perlakuan wasit setelah pertandingan. Ia merasa bahwa timnya tidak diperlakukan secara adil, sehingga mengakibatkan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Qatar.

"Di sepak bola, Anda bisa menang, bisa kalah. Jadi pertama saya berikan selamat ke tim Qatar," ujar Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers setelah laga antara Qatar vs Indonesia.

Shin menyatakan pengertiannya terhadap status Qatar sebagai tuan rumah turnamen dan keuntungan yang dimiliki oleh tuan rumah dalam pertandingan sepak bola. Namun, ia merasa bahwa dalam pertandingan tersebut, keputusan wasit terlalu banyak yang merugikan timnya.

"Banyak keputusan wasit yang merugikan. Kalian bisa lihat, ini bukan pertandingan sepak bola, tapi pertunjukan komedi. Saya paham ada keuntungan sebagai tuan rumah, tapi hari ini terlalu banyak," imbuhnya pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Profil Wasit Nasrullo Kabirov

Nasrullo Kabirov, yang lahir pada 5 Mei 1985, telah memimpin berbagai laga internasional sejak tahun 2018, termasuk di Asian Games 2018, SEA Games 2022, dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam 90 laga yang dipimpinnya, Nasrullo Kabirov telah mengeluarkan 326 kartu kuning dan 9 kartu merah, di mana 2 di antaranya diberikan kepada Timnas Indonesia U-23 saat melawan Qatar.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR