Rekomendasi Website Baca Komik Sub Indonesia Legal dan Gratis

15 Nov 2023 11:11 WIB

thumbnail-article

Kiryuu.co, salah satu website penyedia komik daring yang legal dan gratis. Sumber: kiryuu.co.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah kamu suka membaca komik? Kini, kamu bisa membaca komik secara daring melalui situs maupun aplikasi penyedia komik. Berikut ini rekomendasi website baca komik subtitle Indonesia yang legal dan gratis.

Jenis komik yang biasa dibaca oleh pecinta komik Indonesia adalah manga. Komik ini berasal dari Jepang dengan grafik dan bahasa di sana. Jika kamu tak memahami artinya, kamu bisa membaca menggunakan subtitle bahasa Indonesia.

Namun, tak semua situs menyediakan komik atau manga yang legal. Beberapa diantaranya termasuk situs ilegal yang menggunakan teknologi scanning dan menerjemahkan dalam berbagai bahasa tanpa izin kreator komik. Dengan kata lain, tindakan yang dilakukan situs ilegal ini adalah pembajakan karya.

Oleh karena itu, berikut rekomendasi website baca komik subtitle Indonesia legal dan gratis:

  • Kiryuu.co

Situs manga bahasa Indonesia ini termasuk memiliki koleksi lengkap mencapai lebih dari 2000 judul. Kiryuu banyak mengerjakan project menerjemahkan manga ke dalam Bahasa Indonesia. Kamu bisa membuka situsnya melalui https://kiryuu.co atau mengunduh aplikasinya di PlayStore.

  • Mangasan

Aplikasi ini terintegrasi dengan www.mangacanblog.com, situs penerjemah di Indonesia yang berhasil menerjemahkan One Piece. Kelebihan Mangasan adalah tidak adanya iklan dalam tampilannya sehingga membuat pembaca nyaman. Tampilan UI-nya sederhana dan terdapat fitur bookmark untuk menyimpan manga yang sedang atau akan dibaca.

  • Mangaplus

Mangaplus adalah situs besutan majalah manga populer di Jepang bernama Shueisha. Tak heran jika jadwal rilis manga-nya pun sama dengan yang di Jepang. Ada berbagai pilihan manga subtitle Indonesia yang bisa kamu pilih secara gratis.

  • Mangafox

Selain manga, situs Mangafox juga menampilkan anime terbaru dan terlengkap. Grafisnya pun berwarna sehingga menarik untuk dibaca. Koleksi Mangafox tersusun sangat rapi dan memudahkan pembaca untuk mengaksesnya.

  • Komikcast.com

Situs ini sering mengerjakan project terjemahan mencapai 150 judul manga. Biasanya mereka akan menerjemahkan komik genre fantasi atau isekai. Tampilannya pun sederhana dan ringan untuk kenyamanan pembaca. Selain situs, kamu juga bisa mengunduh Komikcast melalui PlayStore secara gratis.

  • Komik ID

Komik ID menyediakan berbagai manga subtitle Indonesia yang lengkap dan diperbarui setiap harinya. Salah satu koleksi Komik ID adalah Naruto. Kamu bisa mengakses situsnya di https://komikid.com atau mengunduh aplikasinya di PlayStore dan AppStore.

Demikian rekomendasi website dan aplikasi baca komik subtitle Indonesia yang legal dan gratis. Kamu suka baca yang mana?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER