6 Website yang Berguna untuk Anak Desain, Permudah Bikin Rancangan Grafis

18 Oktober 2023 06:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang desainer grafis tengah mengakses website yang mempermudah pekerjaannya. (Sumber: Pexels/Marek Levak)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Terkadang, kesulitan dalam alat yang digunakan menjadi kendala saat ingin mempromosikan suatu hal. Baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak untuk membuat media promosi, keduanya bisa menjadi penghalang.

Khususnya dalam pembuatan desain grafis untuk media promosi yang menarik dan informatif, diperlukan perangkat lunak atau software yang mendukung.

Namun, tidak semua orang memiliki akses ke perangkat yang dibutuhkan. Inilah sebabnya mengapa situs desain grafis online menjadi solusi yang praktis.

Situs-situs ini menyediakan berbagai template yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhanmu, bahkan jika kamu bukan ahli desain.

Selain mudah digunakan, banyak situs desain grafis online yang gratis. Mereka menawarkan template-template menarik untuk membantu kamu membuat desain grafis yang unik.

Beberapa di antaranya juga menyediakan gambar-gambar stok secara gratis yang dapat memperkaya desainmu. Kamu juga bisa menyimpan hasil desainmu dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG.

Enam website yang berguna untuk anak desain

Berikut adalah beberapa situs desain grafis online yang populer dan dapat membantu kamu dalam menciptakan desain yang menarik:

1. Canva

Dikenal sebagai salah satu situs desain grafis online paling populer, Canva menyediakan berbagai template dengan fitur yang sederhana dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula. 

Kamu dapat memodifikasi template sesuai kebutuhanmu, termasuk mengganti gambar, teks, dan warna.

2. Piktochart

Cocok digunakan untuk membuat desain grafis seperti poster, Piktochart memungkinkan penyesuaian teks, warna, dan gambar sesuai preferensimu. 

Situs ini juga menawarkan banyak gambar stok secara gratis yang dapat ditambahkan dalam gambar desainmu dengan mudah.

3. Poster My Wall

Mirip dengan situs sebelumnya, Poster My Wall menyediakan stok foto dan memungkinkanmu untuk menambahkan foto dari berbagai sumber. Fitur sub-menu yang mudah diakses memudahkan penggunaan situs ini.

4. Crello

Crello mirip dengan Canva dan menawarkan berbagai fitur untuk mengubah gaya teks, font, warna, dan efek gambar. 

Meskipun memiliki fitur konten premium berbayar, Crello juga menyediakan banyak konten gratis seperti foto, stiker, dan ikon.

5. Adobe Spark

Mudah digunakan untuk mendesain poster dan unggahan media sosial, Adobe Spark tidak memerlukan instalasi dan menyediakan banyak template serta fitur gratis. 

Meskipun memiliki watermark pada hasil desain, kamu dapat menghilangkannya dengan fitur berbayar.

6. Snappa

Snappa memungkinkan pembuatan desain grafis dengan banyak opsi template dan kebebasan mengubah ukurannya. Versi dasar Snappa gratis memberikan akses hingga 5000 template berbeda.

Jangan biarkan keterbatasan akses perangkat menghalangi kreasi desainmu. Gunakan situs-situs desain grafis online ini untuk membantu kamu menciptakan desain yang menarik dan sesuai dengan keinginanmu. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR