4 Rekomendasi Situs Latihan Psikotes Online Gratis

4 Dec 2023 18:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang mengerjakan soal-soal psikotes. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Situs latihan psikotes gratis banyak dicari oleh para pencari kerja untuk mempelajari soal-soal psikotes sebelum menjalani tes sesungguhnya. 

Sebagaimana diketahui, hampir semua perusahaan saat ini menggunakan psikotes sebagai salah satu alat untuk mengukur kemampuan dan dan kepribadian calon karyawan. 

Sesuai namanya, psikotes secara umum mengarah pada tes kepribadian seseorang. Dari hasil psikotes, perusahaan bisa mengetahui apakah kandidat yang melamar sudah sesuai dengan kriteria yang dicari. 

Tahap seleksi psikotes kerap dianggap sebagai momok bagi pencari kerja. Hal ini dikarenakan soal-soal psikotes biasanya cenderung rumit dan menantang. Oleh sebab itu, dibutuhkan latihan secara konsisten supaya seseorang dapat terbiasa dengan soal-soal psikotes. 

Saat ini, sudah banyak situs yang menyediakan latihan soal psikotes secara gratis serta dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Berikut ini beberapa rekomendasi situs latihan psikotes online yang bisa Anda manfaatkan, tentunya tanpa dipungut biaya. 

  • Latihanpsikotes.com

Rekomendasi situs latihan psikotes pertama yaitu Latihanpsikotes.com. Platform ini menyediakan beragam contoh soal psikotes yang bisa Anda gunakan untuk latihan mandiri di rumah. 

Selain secara online, situs ini juga memiliki fitur download sehingga soal-soal psikotes dapat diunduh dan dikerjakan secara offline. Anda juga bisa mengunduh jawaban dari soal-soal psikotes yang tersedia di Latihanpsikotes.com.

  • Psikotesyuk.com

Situs latihan psikotes selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu Psikotesyuk.com. Untuk mengerjakan latihan soal psikotes di situs ini, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu yang dapat dibuat secara gratis. 

Setelah berhasil mendaftarkan akun, Anda bisa login dan mengakses berbagai jenis latihan soal psikotes yang tersedia mulai dari keterampilan spasial, tes verbal, tes matematika dasar, hingga tes ketelitian. 

  • ProProfs

ProProfs merupakan situs penyedia latihan soal psikotes online yang dapat diakses secara bebas dan gratis. Melalui situs ini, Anda dapat mengerjakan berbagai soal psikotes online dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Jepang, Inggris, dan Mandarin. 

Dengan berbagai opsi bahasa yang tersedia, situs ProProfs menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tengah mengincar perusahaan luar negeri.

  • Practice Aptitude Test

Selanjutnya, terdapat situs Practice Aptitude Test yang menyediakan soal-soal psikotes online untuk bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perbankan, akuntansi, finance, hukum teknik, pemasaran, dan  bidang vokasi. 

Kategori psikotes online yang tersedia di antaranya numerical reasoning, verbal reasoning, diagrammatic reasoning, situational judgement, mechanical reasoning, dan tes kepribadian. Namun, perlu dicatat bahwa situs ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

Itu dia sejumlah rekomendasi situs belajar psikotes online yang dapat Anda coba secara gratis, semoga bermanfaat. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER