Mengenal Ayu Yoneda, Astronot Perempuan Termuda di JAXA yang Ramai Dibincangkan

3 Mar 2023 13:03 WIB

thumbnail-article

Ayu Yoneda dalam konferensi pers yang mengumumkan terpilihnya ia sebagai astronot JAXA, 28 Februari lalu. Sumber: The Japan Times.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Nama Ayu Yoneda kini tengah menjadi sorotan publik, terutama di Jepang. Ia baru saja terpilih menjadi astronot perempuan di Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Alih-alih prestasinya diapresiasi, Ayu justru mendapat pertanyaan seksis saat sedang diwawancarai oleh salah satu media.

Hal ini pertama kali dibahas oleh salah satu pengguna Twitter @alifiaMD. Melalui cuitan yang dipublikasikan pada 2 Maret 2023, ia menyampaikan apresiasinya terhadap jawaban yang diberikan Ayu Yoneda pada media tersebut.

Saat itu, Ayu Yoneda (28) dan Makoto Suwa (46) sedang melakukan konferensi pers usai terpilih menjadi kandidat JAXA. Konferensi pers diadakan pada 28 Februari 2023. Untuk diketahui, mereka berdua adalah kandidat terpilih dari 4.127 pelamar. 

Dari berbagai pertanyaan, ada satu wartawan yang menanyakan hal yang bersifat privasi. Ia bertanya “apakah Anda memiliki pasangan?”. Sayangnya, pertanyaan tersebut tidak disampaikan kepada Makoto Suwa adalah seorang laki-laki. 

Jawaban Ayu Yoneda lantas menjadi sorotan. Ia menjawab bahwa itu adalah masalah privasinya sehingga ia tidak bisa menjawab. Ayu menyampaikannya secara tegas. Publik pun memberi respon positif dan justru mengkritik wartawan yang menanyakan.

Pemilik akun Twitter @alifiaMD tersebut juga menuliskan cuitan bahwa perempuan seusia Ayu dari sudut pandang patriarki memang sudah seharusnya menikah, bukan menjadi astronot. Namun, Ayu dalam wawancara itu dengan berani memberi batasan perihal urusan privat dan kariernya di ruang publik. Jika Ayu menjawab yang sebenarnya, ia justru semakin banyak mendapat pertanyaan yang tidak akan diributkan jika astronotnya laki-laki.

 

Tentang Ayu Yoneda

Ayu Yoneda adalah seorang Ahli Bedah di The University of Tokyo Hospital. Ia adalah lulusan University of Tokyo’s School of Medicine.

Ayu terpilih menjadi astronot di JAXA yang akan menjalani pelatihan sesuai yang dibutuhkan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA). Ia akan diakui menjadi astronot Jepang tahun 2025 nanti.

Selain itu, Ayu juga dinobatkan sebagai astronot termuda perempuan pertama dari Jepang selama kurun waktu 24 tahun. Hal tersebut tentu membuat Ayu bangga dan senang. 

Ayu Yoneda juga menceritakan tentang awal ketertarikannya menjadi astronot. Dulunya, ayah Ayu memberikan manga yang berisi cerita tentang Mukai. Ayu Yoneda juga mengaku dirinya belajar tentang astronot dari buku.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER