Melawan Stigma Buruk PNS

Stigma buruk PNS jadi batu sandungan reformasi birokrasi, banyak yang enggan untuk mengabdi dan mendayagunakan kemampuannya untuk kepentingan negara. Bagaimana kiat-kiat para gubernur, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Khofifah Indar Parawansa, untuk melawan stigma buruk PNS?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan bahwa di ibukota akan dibuat sistem penilaian dari masyarakat. “Dari RT, dari RW, memberikan penilaian atas kinerja ASN. Penilaian itu berpengaruh kepada TKD yang diterima ASN.” Sedangkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berkata, “Banyak cara, salah satunya bermitra yang sudah kita lakukan. Anak-anak hebat bisa berkontribusi dengan cara apapun.”

Khofifah Indar Parawansa menyoroti kembali stigma buruk PNS datang dari tingkah laku para PNS itu sendiri. “Menggunakan fasilitas negara di luar tugas salah satu contohnya. Saya rasa hari ini sebetulnya kita seperti di akuarium dan bisa dilihat oleh siapa saja. Jadi masyarakat bisa melapor real time,” ujar Gubernur Jawa Timur tersebut.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER