Sandi: OK OCE Sukses Turunkan Pengangguran

Sebagai politikus yang awalnya dikenal sebagai pengusaha sukses, dalam setiap kampanyenya, Sandiaga Uno selalu menawarkan program-program tentang ekonomi. Salah satu program andalan yang selalu digaungkan oleh Sandiaga baik ketika masih menjadi Wagub DKI Jakarta, hingga menjadi cawapres adalah OK OCE.  

Sandiaga mengatakan dirinya bersama Prabowo akan memberikan perhatian lebih pada persoalan ekonomi masyarakat kecil yakni UMKM, demi perluasan lapangan kerja. “Jadi UMKM ini 97 persen pembentuk lapangan kerja kita. Salah satu program kami, OK OCE ini sudah 65 ribu pendaftarnya. Jadi sejak pertama kali diluncurkan, di DKI 20 ribu pengangguran turun,” ujarnya. Menurut Sandi, saat ini pemerintah Jokowi belum memperlihatkan keberpihakannya kepada UMKM. 

Mengenai konsep ekonomi yang memihak rakyat kecil dengan pemberdayaan UMKM, Direktur Eksekutif INDEF Enny Sri Hartati melihat konsep tersebut sudah cukup bagus. “ Saya pikir, OK OCE itu bagus, tapi sampai saat ini hanya pada tahap pelatihan saja. Jadi ini bukan soal sekadar akses modal. Teori mengenai bantuan kepada UMKM itu sudah lama ada, saya belum melihat konkretnya, atau how-nya yang membedakan dengan yang lama,” kritik Enny.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER