Siapa Juara Pilkada, Partai Mana yang Berkuasa?

Wakil Ketua Gerindra, Fadli Zon mengakui banyak kejutan dalam Pilkada 2018. Di antaranya, soal prediksi-prediksi yang dilakukan oleh lembaga survei. “Dari survei selama ini rendah, tapi ini di atas ekspektasi survei itu,” katanya.

Selain itu, Fadli Zon juga mengapresiasi Pilkada kali ini berjalan sesuai harapan, tanpa ada persoalan keamanan. “Dalam kontestasi sudah pasti ada yang menang dan kalah,” katanya.

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya bisa memenangkan lebih dari setengah Pilkada 2018. “Tapi intinya persoalan pilkada serentak lebih pada elit, rakyat mampu memberikan kematangan. Yang sangat mengejutkan itu di Kota Makassar, itu pertama kalinya kotak kosong menang,” katanya.

Wakil Ketua Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid melihat adanya perubahan penilaian masyarakat terhadap pemimpin daerah. Dia mencontohkan, Pilkada di NTB, pasangan Zul-Rohmi unggul hitung cepat. “Di NTB, kader kami menang. Itu kejutan. Dulu gubernurnya selalu dari Lombok, tapi Pak Zul ini dari Sumbawa. Menurut saya, warga Indonesia sudah mempertimbangkan soal ke Indonesian,” katanya.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER