Saat Krisis & PPKM Darurat, Testing Jauh di Bawah Standar

KASUS TURUN, TERNYATA TESTINGNYA JUGA MELOROT

Intinya begini: kita enggak bakal dapat gambaran wabah yang benar selama datanya enggak oke.

Datanya enggak oke, tau dari mana? Dari testing yang kurang.

Kok bilang kurang, katanya ini sesuai standar WHO? Yaaa, kalo lagi normal sih testing ga butuh banyak-banyak. Masalahnya, positivity rate kita tinggi banget! Dari 10 orang yang dites, setidaknya 3 orang dinyatakan positif.

Terus, gimana? Ya, kalo kata epidemiolog, sih, testingnya harus digenjot lagi. PPKM Darurat mesti banget disertai testing, tracing, dan treatment yang memadai.

Bahasan lengkapnya tonton di Mata Najwa, dong, jam 20.00 di Trans7.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER