5 Jenis Peci Indonesia yang Digunakan untuk Salat

26 Apr 2023 10:04 WIB

thumbnail-article

Bung Karno adalah tokoh yang cukup identik dengan peci yang dipopulerkannya sebagai atribut nasional. Sumber: Arsip Nasional.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Peci adalah pakaian yang dikenakan di kepala, biasanya dikenakan untuk beribadah maupun kegiatan keagamaan islam lainnya. Terkadang, peci juga dapat digunakan dalam acara-acara yang sifatnya formal.

Jenis-jenis peci Indonesia

  1. Peci hitam polos

Peci hitam adalah jenis yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya para santri yang menempuh ilmu di pondok pesantren. Peci hitam polos ini sangat cocok jika dipadukan dengan pakaian muslim.

Istilah lain untuk menyebut peci hitam polos adalah songkok, beberapa orang juga menyebut dengan istilah kopiah. Peci jenis ini sering menjadi pelengkap pakaian muslim yang paling digemari.

Bahkan, beberapa tokoh politik di Tanah Air terkenal sering memakai peci saat menghadiri acara tertentu. Seperti misalnya adalah Soekarno yang fotonya terkenal tengah mengenakan peci.

  1. Peci motif

Bahan yang biasa digunakan untuk peci motif ada dua, yaitu motif bordir dan motif rajut. Jenis peci motif bordir sendiri menyajikan berbagai macam hiasan. Peci ini akan semakin terlihat menarik untuk dipakai jika memiliki kepaduan antara peci dan pakaian.

Sedangkan peci jenis rajut memiliki bentuk yang khas karena benang-benang rajutnya membentuk pola motif yang sekaligus membentuk keseluruhan peci. Bentuknya yang fleksibel membuat peci rajut sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana.

  1. Peci Miki Hat

Peci miki hat sekilas terlihat seperti snapback akan tetapi tanpa memiliki lidah, ini merupakan jenis peci dengan tampilan yang lebih modern. Cocok untuk kamu yang menginginkan tampilan modern namun tetap terkesan islami.

  1. Peci Tubeteika

Tubeteika sendiri memiliki arti sebagai penutup kepala untuk laki-laki. Peci ini merupakan khas dari negara-negara Islam di Asia Tengah seperti Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Peci jenis Tubeteika memiliki desain yang agak meruncing di bagian atasnya sehingga menimbulkan kesan unik karena bentuknya yang mirip kubah masjid.

  1. Peci Putih

Peci jenis putih ini biasa disebut dengan istilah peci haji. Hal tersebut dikarenakan seseorang yang telah selesai melakukan ibadah haji biasanya akan cenderung memakai jenis peci ini. Ini karena saat berhaji seseorang mengenakan pakaian ihram yang serba putih.

Demikian penjelasan terkait jenis-jenis peci yang perlu Anda ketahui dan pelajari untuk menambah wawasan yang Anda miliki.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER