12 Rekomendasi Aplikasi Saham Online Terbaik dan Terdaftar di OJK

27 Desember 2022 13:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penggunaan aplikasi saham. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Melakukan investasi saham atau reksa dana merupakan salah satu hal yang kini sudah lazim, terutama oleh kaum milenial dan generasi Z. Dengan banyaknya aplikasi yang menyediakan jasa jual beli saham dan reksa dana, kini kaum milenial dan generasi Z semakin mudah untuk melakukan investasi. 

Akan tetapi, karena kemajuan zaman yang semakin cepat, banyak aplikasi jual beli saham yang tidak resmi atau investasi bodong. Umumnya aplikasi tersebut tidak terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia. Sehingga ketika memakai aplikasi tersebut, pengguna tidak akan mendapatkan keuntungan. Itulah sebabnya memilih aplikasi jual beli saham merupakan suatu hal yang penting.  

Namun, terlepas dari banyaknya aplikasi bodong, kaum milenial dan generasi Z juga tidak perlu merasa takut untuk memulai investasi. Karena ada banyak aplikasi saham terpercaya yang telah terdaftar di OJK dan Bursa Efek Indonesia. 

Berikut 12 rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar di OJK.

  • Stockbit

Menyediakan fitur komunitas online, pengguna Stockbit dapat melakukan diskusi bersama dengan pengguna atau trader lainnya. Selain  itu, pengguna juga dapat memantau nilai saham secara real time dengan Stockbit. Tentunya ketika melakukan transaksi melalui Stockbit, keamanan yang ada sudah pasti terjaga, karena Stockbit sudah terdaftar di OJK. 

  • IPOT

Aplikasi yang kedua adalah IPOT. Dimiliki oleh PT. Indo Premier Sekuritas, IPOT menyediakan fitur robot trading, yang akan membantu pengguna untuk melakukan jual beli saham sesuai dengan harga yang diinginkan. Pengguna akan dikenakan fee sebesar 0,2% apabila ingin menjual saham. Namun, apabila pengguna hanya ingin membeli saham, maka pengguna akan dikenakan fee sebesar 0,19%. 

  • Bibit

Bibit merupakan salah satu aplikasi jual saham bagi pemula. Lebih lanjut, Bibit juga menyediakan investasi reksadana, seperti pasar uang dan obligasi. Untuk memulai investasi, pengguna dapat memulai dengan modal Rp10.000, karena beberapa pilihan produk yang disediakan oleh Bibit memang memiliki nilai minimal investasi sebesar Rp10.000. Sama seperti IPOT, Bibit juga menyediakan fitur robot advisor yang akan membagi modal investasi pengguna berdasarkan nilai risiko yang dimiliki. 

  • Bareksa

Selain Bibit, Bareksa juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak dipakai oleh investor pemula. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melakukan transaksi melalui e-wallet yang bekerja sama dengan Bareksa. Selain itu, pengguna juga akan dibantu oleh fitur manager yang akan membantu investor untuk mencapai target invest yang diharapkan. 

  • Mirae Host

Aplikasi Mirae Host, menjadi salah satu aplikasi yang memiliki nilai dan frekuensi tinggi dalam Bursa Efek Indonesia. Hal tersebut karena Mirae Host mengharuskan penggunanya untuk melakukan deposit minimum 10 juta untuk dapat melakukan investasi saham. Karena memiliki jumlah minimum deposit yang cukup besar, maka tak heran bila fee yang dipatok oleh Mirae Host  juga cukup besar, yaitu 0,25% untuk transaksi jual saham, dan 0,15% untuk transaksi beli saham.

  • RTI Business

Dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, seperti income statement, probability, cash flow, balance sheet, earnings, dan growth. Investor dapat memantau kinerja suatu perusahaan yang menyediakan saham dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

  • MOST Mandiri

Dikembangkan oleh Mandiri, MOST Mandiri mengharuskan penggunanya untuk menjadi nasabah Mandiri sekuritas agar dapat melakukan transaksi dalam aplikasi ini. Lebih lanjut, untuk melakukan jual beli saham, MOST Mandiri akan membagi tarif minimal menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dikenakan setoran awal sebesar Rp2 juta
  2. Umum dikenakan setoran awal sebesar Rp5 juta
  3. Full service dikenakan setoran awal sebesar Rp100 juta
  • BCAS Best Mobile 

Aplikasi kedelapan dimiliki oleh BCA sekuritas. Untuk dapat melakukan aktivitas jual beli, pengguna harus melakukan deposit minimum sebesar 3 juta, dengan fee sebesar 0,18% ketika membeli saham, dan 0,28% ketika menjual saham yang dimiliki.

  • MNC Sekuritas

Menyediakan berbagai produk saham syariah, MNC Sekuritas tidak menjalankan riba dan unsur terlarang lainnya. Dalam aplikasi ini, pengguna juga mendapatkan saham harian. Sehingga pengguna dapat merasakan keuntungan dan manfaat  yang banyak, hanya dengan satu aplikasi.

  • Ajaib

Berada di bawah naungan PT. Takjub Teknologi Indonesia dan PT. Ajaib Sekuritas Asia, Ajaib menawarkan berbagai produk saham dan reksa dana yang dapat dipilih berdasarkan keuntungan yang ada. Dalam aplikasi ini, pengguna juga tidak diminta untuk mendepositokan uangnya terlebih dahulu untuk membuka rekening. Fee yang dipatok oleh Ajaib juga termasuk kecil, yaitu sebesar 0,10%.

  • Poems Id

Untuk dapat melakukan investasi melalui aplikasi Poems Id, pengguna harus menjadi nasabah Philips sekuritas dengan minimal deposito sebesar Rp500.000 untuk umum dan Rp100.00 untuk mahasiswa.

  • BIONS

Berada di bawah naungan BNI sekuritas, pengguna harus melakukan deposit sebesar Rp1.000.000 untuk dapat membuka rekening di Bions. Lebih lanjut, untuk melakukan pembelian saham, pengguna  akan dikenakan fee sebesar 0,17% dan fee sebesar 0,27% untuk penjualan saham.

Demikianlah informasi mengenai aplikasi saham online terbaik dan terdaftar di OJK. Investasi saham memang menjadi salah satu cara agar kaum milenial atau generasi Z untuk dekat dengan financial freedom, mengingat banyaknya berita terkait dengan resesi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR