15 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Nikmat Tiada Tara

19 Apr 2023 00:04 WIB

thumbnail-article

Dokumentasi - Pekerja menyelesaikan pembangunan patung Suro dan Boyo di Taman Surabaya, Surabaya, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp/pri

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Meski tidak sepopuler kota tujuan wisata lainnya seperti Jogja, Malang, atau Bandung, Surabaya memiliki banyak potensi wisata mulai dari wisata sejarah sampai kuliner.

Berkunjung ke Surabaya tanpa membawa oleh-oleh ketika kembali tentu tak lengkap rasanya.

Apalagi ketika momen-momen libur panjang seperti Lebaran yang memberi waktu cukup panjang untuk menjelajahi Kota Surabaya.

Nah, berikut ini beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang dijamin bakal bikin sanak saudara di kampung halaman ketagihan!

1. Almond crispy

Oleh-oleh pertama yang banyak dicari warga dari luar Surabaya adalah camilan almond crispy. Seperti namanya, kue kekinian ini terbuat dari kacang almond, tepung, telur, susu bubuk, dan gula.

Camilan ini berbentuk kepingan bundar dengan variasi rasa yang beragam mulai dari coklat, keju, mocha, hingga green tea

2. Sambal Bu Rudy

Pecinta pedas pasti sudah tidak asing dengan Sambal Bu Rudy yang legendaris. 

Sambal Bu Rudy terdiri dari berbagai varian rasa seperti sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi, sambal roa, sambal bajak, dan sambal udang.

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh berupa Sambal Bu Rudy kepada sanak saudara, tidak perlu khawatir akan basi karena sambal ini dikemas dalam botol yang membuatnya tahan lama. 

3. Kerupuk ikan Kenjeran

Kawasan pesisir Surabaya tepatnya di kawasan Pantai kenjeran terkenal akan hasil lautnya.

Di kawasan tersebut, terdapat Sentra Ikan Bulak (SIB) yang menjual berbagai macam olahan hasil laut salah satunya kerupuk ikan.

Kerupuk ikan Kenjeran memiliki aroma yang khas dan tekstur yang renyah. Anda dapat membeli varian kerupuk ikan yang masih mentah atau yang sudah siap santap.

Selain kerupuk ikan, ada juga kerupuk udang, kerupuk rumput laut, kerupuk kerang, dan banyak jenis kerupuk lainnya yang dapat Anda temukan di SIB.

4. Spikoe Resep Kuno

Spikoe adalah kue lapis legit jadul yang sangat terkenal di Surabaya. Ciri khas Spikoe Resep Kuno ada di tampilannya yang terdiri dari dua lapisan warna yaitu kuning dan coklat.

Spikoe Resep Kuno sudah berdiri sejak tahun 1970 dan masih menggunakan resep lama sehingga cita rasanya tidak berubah.

5. Guna-guna Snack

Guna-guna Snack adalah toko oleh-oleh khas Surabaya yang masih tergolong baru. Toko ini menjual berbagai macam camilan seperti keripik buah, bakso goreng, kue almond, hingga macaroni schotel. 

6. Kue Blinjo

Kue blinjo adalah kue kering khas dari Surabaya. Penampilan dan bahan bakunya mirip dengan kue kering pada umumnya. Perbedaannya ada di penggunaan emping blinjo yang membuat rasa kue ini menjadi gurih, manis, dan lembut.

7. Siropen telasih

Minuman khas Surabaya satu ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1923. 

Siropen telasih tidak menggunakan pemanis buatan dan memiliki rasa yang menyegarkan. 

Terdapat berbagai varian rasa siropen telasih antara lain mawar, cocopandan, frambosen, vanila, jeruk, dan vanili.

8. Bandeng asap

Sesuai namanya, oleh-oleh berbahan baku ikan bandeng ini dimatangkan melalui proses pengasapan. Proses ini selain memberikan aroma yang khas juga membuatnya lebih awet.

Bandeng asap sangat nikmat dijadikan lauk dengan nasi putih hangat dan sambal. Anda dapat membeli bandeng asap di toko oleh-oleh seperti Toko Bogajaya, Toko Sudi Mampir, atau Toko Bandeng Juwana.

9. Sirup mangrove

Selain siropen telasih, Surabaya juga memiliki minuman khas lainnya yaitu sirup mangrove. Bahan utama sirup ini yaitu tanaman mangrove yang dipanen dan diolah oleh petani mangrove di Rungkut.

Sirup mangrove memiliki rasa asam dan manis serta dipercaya mengandung vitamin C dan A yang cukup tinggi.

10. Cakue Peneleh

Cakue Peneleh merupakan jajanan legendaris Surabaya yang telah berusia lebih dari 30 tahun. 

Cakue Peneleh merupakan inovasi dari cakue biasanya yang ditambahkan cincangan daging udang dan ayam lalu digoreng sampai renyah.

11. Suoklat Suroboyo

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya yaitu Suoklat Suroboyo. Anda dapat membelinya di Suoklat Cafe yang merupakan kafe populer di kalangan anak muda Surabaya. 

Kafe ini menyediakan coklat dengan berbagai varian rasa seperti tiramisu praline, green tea, mangga, stroberi, dan lain-lain.

12. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Surabaya. Anda dapat membeli daging bebek atau ayam yang sudah dibumbui.

Terdapat beberapa jenis bumbu daging bebek yang bisa dipilih mulai dari bumbu hitam khas Madura sampai bumbu betutu khas Bali.

13. Belinjo udang

Belinjo udang adalah camilan kerupuk khas Surabaya yang memiliki cita rasa asin dan gurih dengan tekstur renyah.

Seperti namanya, camilan ini terbuat dari buah belinjo (melinjo) dan campuran daging udang. Terdapat berbagai varian rasa belinjo udang mulai dari pedas, balado, sampai manis.

14. Rambak sapi

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya yang tak boleh ketinggalan yaitu rambak sapi. Rambak sapi terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan.

Rambak sapi memiliki tekstur renyah dengan berbagai varian rasa seperti asin, gurih, dan pedas.

15. Abon sapi

Terakhir, Anda bisa membeli abon sapi khas Surabaya sebagai buah tangan untuk sanak saudara. 

Salah satu toko yang menjual abon sapi adalah Abon Sapi Padmosusastro yang terletak di Jalan Padmosusastro Surabaya. Abon Sapi Padmosusastro memiliki dua varian rasa yaitu manis dan pedas.

Itu tadi 15 oleh-oleh khas Surabaya yang dapat Anda bawa saat mudik ke kampung halaman. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER