15 Ucapan Belasungkawa Penuh Makna dari Agama Islam dan Kristen

1 Januari 2023 17:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi lilin dan pita hitam simbol belasungkawa. Sumber: Freepik.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Ucapan belasungkawa merupakan ucapan duka cita yang penuh doa dan bisa diberikan kepada orang yang kehilangan anggota keluarga, teman, maupun lainnya. Ucapan duka cita ini menjadi salah satu bentuk penghibur yang bisa membantu menguatkan kerabat. Ucapan yang penuh makna ini bisa mendoakan pula sosok yang telah meninggal dunia supaya lebih baik di kehidupan selanjutnya. Berikut ucapan belangsungkawa dari agama Islam dan Kristen:

Ucapan Belasungkawa Agama Islam

  1. Innalillahi, turut berduka cita atas meninggalnya (nama). Semoga keluarga maupun kerabat tersayang dapat mengikhlaskan dan diberikan ketabahan. Percayalah bahwa Allah akan mempertemukan kembali di dunia selanjutnya.
  2. Innalillahi, turut berduka cita. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian maka bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini.
  3. Innalillahi, semoga amal ibadah almarhum dapat diterima di sisinya dan keluarga yang ditinggalkan dapat tabah serta ikhlas.
  4. Allahummaghfirli warhamha, semuanya akan indah pada waktunya, maka tetap menjadi kuat dan tabah
  5. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama), semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan mengikhlaskan kepergian beliau. 

Ucapan belasungkawa agama Kristen

  1. Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah, karena semua makhluk di dunia pasti akan kembali dan bertemu denganMu.
  2. Kita hanyalah perencana, tetapi Tuhan mempunyai kehendak yang lebih indah dari yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya, semoga selalu tenang di surga Bapa.
  3. Turut berduka cita atas kepergian (nama) maka ketahuilah orang yang dikasihi adalah orang yang baik sesuai dengan Mazmur 116:15.
  4. Ingatlah, jangan sampai kesedihanmu larut secara terus menerus dan tetaplah ambil bagianmu di Matius 28:20
  5. Kematian bukanlah akhir dari segalanya, turut berduka cita atas meninggalnya orang yang kau kasihi, tuhan baik percayalah.

Ucapan belasungkawa penuh motivasi

  1. Sebuah kesedihan yang dirasakan adalah sebuah tanda bahwa engkau menyayanginya dan mencintainya. Jangan risau dan kini ia sudah tenang serta damai kepada sang pencipta untuk bertemu kembali dengannya di surga allah.
  2. Aku turut merasakan kesedihan yang dirasakan olehmu, ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan dari Tuhan. Kesedihan ini tidak akan bertahan lama dan Tuhan akan memberikan jalan terbaik kepadamu.
  3. Percayalah bahwa semua cobaan dari Allah memiliki hikmah untuk kehidupan. Jangan bersedih terlalu berlarut dan mengubah keadaan menjadi lebih buruk.

Demikianlah contoh ucapan belasungkawa yang dapat kamu sampaikan ke kerabatmu. Dari semua kalimat dan ucapan belasungkawa diatas intinya adalah menguatkan orang yang sudah ditinggalkan seseorang yang ia sayangi dan cintai.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR