Tanggal 23 Juni Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Olimpiade

23 Juni 2023 06:06 WIB

Narasi TV

Monumen Olimpiade, olah raga yang diperingari setiap tanggal 23 Juni. (Sumber: Pexels/Pixabay)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Tanggal 23 Juni 2023 jatuh pada hari Jumat. Terdapat beberapa peringatan maupun perayaan yang jatuh pada tanggal 23 Juni. 

Salah satu hari peringatan yang jatuh pada tanggal 23 Juni adalah Hari Janda Internasional yang diperingati sebagai upaya pengentasan diskriminasi yang dialami para janda.

Selain itu, terdapat pula Hari Olimpiade Internasional sebagai bentuk promosi ajang olahraga tertua di dunia tersebut.

Selain itu, apa saja hari peringatan yang jatuh pada tanggal 23 Juni?

Hari Janda Internasional

Tanggal 23 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai International Widows’ Day atau Hari Janda Internasional.

Peringatan ini diinisiasi oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 21 Desember 2010 dengan tujuan untuk mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan yang dialami perempuan usai ditinggal suaminya. 

Banyak perempuan di seluruh dunia yang menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar dan hak-haknya setelah kehilangan pasangan hidup mereka. 

Hari Janda Internasional menjadi bentuk dukungan bagi para janda untuk kembali berdaya dan mendapatkan kembali dukungan serta kebutuhan yang menjadi hak-haknya

Hari Olimpiade Internasional

Selain Hari Janda Internasional, tanggal 23 Juni juga diperingati sebagai International Olympic Days atau Hari Olimpiade Internasional. 

Olimpiade merupakan hajatan olahraga terbesar di dunia yang mempertandingkan puluhan cabang olahraga setiap empat tahun sekali. 

Ide Hari Olimpiade diadopsi pada Januari 1948 setelah di tahun sebelumnya, pada 1947, anggota Komite Olimpiade Internasional Dr. Josef Gruss menyampaikan laporan terkait Hari Olimpiade Sedunia di Stockholm. 

Hari Olimpiade Internasional diperingati sebagai bentuk promosi sekaligus untuk menyebarkan kesadaran terkait Gerakan Olimpiade. 

Tak hanya itu, peringatan ini diharapkan dapat menarik perhatian lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam Olimpiade. 

Hari Perempuan di Bidang Teknik

International Women in Engineering Day atau Hari Perempuan di Bidang Teknik diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia pada tanggal 23 Juni. 

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap para perempuan yang berkarier di bidang teknik dan turut serta mengubah dunia dengan pencapaian mereka. 

Elizabeth Bragg merupakan sosok yang mendobrak maskulinitas di dunia teknik dengan menjadi perempuan pertama yang memperoleh gelar sarjana teknik sipil dari Universitas Berkeley pada tahun 1876. 

Selain mendukung partisipasi perempuan di bidang teknik, Hari Perempuan di Bidang Teknik juga merupakan bentuk penghormatan atas Women’s Engineering Society (WES) yang didirikan pada 23 Juni 1919. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR