Tiga Capres Isi Kuliah Kebangsaan di FISIP UI, Anies Beri Empat Solusi Perbaiki Iklim Demokrasi Indonesia

29 Agustus 2023 11:08 WIB

Narasi TV

Anies Baswedan. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tiga calon presiden (capres) dijadwalkan mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Hari ini (29/8/2023) giliran Anies Baswedan yang akan mengisi kuliah pertama pukul 08.00-11.30 WIB.

Kuliah kebangsaan ini digelar bertajuk “Hendak Kemana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan”. Lokasinya berada di Balai Serbaguna Purnowo Prawiro Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Dalam sesinya, Anies menyebut bahwa ada indikasi penurunan demokrasi di Indonesia. Ia menawarkan empat solusi untuk memperbaiki kondisi tersebut. Pertama, menghargai institusi politik yang ada. Kedua, pentingnya menjaga keseimbangan antar badan/lembaga agar selalu bisa melakukan check and balance.

“Kecenderungan ketika berada di dalam kekuasaan itu menginginkan supaya dikurangi check-nya dan balance-nya lebih banyak kepada pemegang kekuasaan,” ujar Anies.

Ketiga, penting untuk menghargai iklim masyarakat seperti kebebasan berekspresi, berorganisasi, dan berserikat. Ia juga menyebut penting menjaga iklim kebebasan pers untuk menjaga proses demokrasi.

Terakhir, menjaga keseimbangan antara kekuasaan pusat dan daerah agar dapat mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Resentralisasi itu justru bisa mengurangi kualitas delivery demokrasi. Banyak urusan yang lebih dekat dengan rakyat harusnya dikerjakan oleh pemerintah yang berada dekat dengan rakyat,” ujarnya.

Tentang kuliah kebangsaan FISIP UI

Dekan FISIP UI Prof. Semiarto Aji Purwanto menyebut ketiga calon presiden merupakan tokoh penting yang pandangan objektifnya harus didengarkan dan didiskusikan. Ia berharap agar kegiatan ini bisa berkontribusi positif bagi kehidupan kebangsaan yang sehat dan dinamis melalui forum akademis.

“FISIP UI sebagai pusat keunggulan ilmu-ilmu sosial dan politik harus memainkan perannya sebagai katalis diskusi yang sehat dan berkualitas,”ujar Semiarto pada Selasa (29/8/2023) dilansir dari Antara.

Hingga kini, FISIP UI masih menjadwalkan waktu yang tepat untuk Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk mengisi maraton kuliah kebangsaan. Kuliah ini terbuka untuk mahasiswa FISIP UI, sivitas akademika UI, dan media massa. Masyarakat pun bisa menyaksikan kegiatannya melalui Youtube FISIP UI.

Selain diundang mengisi kuliah, ketiga capres tersebut juga diagendakan untuk debat gagasan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Pihak penyelenggara memastikan kesediaan capres tersebut dan dijadwalkan hadir pada 14 September mendatang.

“Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti,”tulis Ketua BEM UI Melki Sedek Huang pada Rabu (23/8/2023).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR