Dari Erick Thohir Hingga Muhaimin Iskandar, Siapa Bakal Cawapres Prabowo Pada Pemilu 2024?

29 Aug 2023 11:08 WIB

thumbnail-article

Prabowo Subianto. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto akan dikabarkan dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Beberapa nama bakal cawapres sempat disebutkan oleh Muzani, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

“Calon wakil presiden pilihan Pak Prabowo adalah orang yang setia pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dan support serta semangat Pak Prabowo sebagai calon presiden,” ujar Muzani pada Sabtu (26/8/2023), dilansir dari detikNews.

Muzani menyebut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Menteri BUMN Erick Thohir berpeluang mendampingi Prabowo Subianto menjadi cawapres. Menurutnya, setiap dukungan partai politik ke Prabowo sangat berarti bagi Gerindra.

“Karena secara partai, Pak Prabowo tidak memiliki beban untuk berhubungan bekerja sama dengan partai manapun,” ujar Muzani usai acara konsolidasi akbar Dapil II di Bumi Sultan, Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sempat menyebut nama Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai kandidat cawapres Prabowo Subianto. Muhadjir langsung menampik pernyataan Zulhas tersebut.

“Wah itu urusannya partai itu. Saya kan bukan partai,”ujar Muhadjir di Kemenko PMK Jakarta pada Minggu (27/8/2023), dilansir dari detikNews.

Ia mengatakan dirinya sedang berfokus membantu Presiden Jokowi. Ditambah lagi Muhadjir adalah bagian dari Muhammadiyah yang menegaskan tidak boleh menjadi bagian dari partai politik. Ia juga belum terpikir jika dipasangkan sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Prabowo: “Belum apa-apa wapres”

Menanggapi banyaknya nama yang disebut cocok mendampingi Prabowo, ia meminta para kader partai pendukung untuk bersabar menunggu penetapan nama bakal cawapresnya. Ia masih harus berdiskusi dengan Ketua Umum Koalisi Indonesia Maju yaitu Golkar, PKB, PAN, dan PBB.

“Wapres nanti! Belum apa-apa wapres,” ujar Prabowo saat memberi sambutan dalam acara HUT Ke-25 PAN di Jakarta pada Senin (28/8/2023).

Prabowo juga mengungkapkan seandainya Indonesia dapat memiliki lebih dari satu wakil presiden, maka kemungkinannya akan menjadi lebih ringan. Hal ini dikarenakan menentukan bakal cawapres bukan sesuatu yang mudah bagi Prabowo.

“Nanti kita laksanakan tradisi kita, warisan nenek moyang kita, adat budaya bangsa kita yaitu musyawarah mufakat,” tutup Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Selain Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan juga belum mendeklarasikan bakal cawapres. Pasalnya, pendaftaran calon presiden dan wakil presiden baru dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER