3 Cara Mudah dan Cepat Cek Ranmor DKI Jakarta

9 Februari 2023 15:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penggunaan telepon pintar untuk berbagai keperluan. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Cek kendaraan bermotor (ranmor) DKI dapat digunakan untuk memverifikasi identitas kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, khusus untuk kendaraan dengan plat nomor DKI Jakarta. Pada umumnya, pemeriksaan ranmor dilakukan dengan memasukkan plat nomor yang terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan.

Verifikasi identitas kendaraan kini dapat dilakukan secara online. Nah, jika ingin tahu bagaimana cara mengecek ranmor DKI, baca ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Cara cek ranmor Jakarta secara online

Melakukan cek ranmor DKI Jakarta secara online bisa menghemat waktu. Adapun proses verifikasi ranmor di Jakarta bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut langkah-langkah yang harus kalian ketahui.

  1. Cek ranmor DKI dengan aplikasi digital

Langkah pertama kalian bisa melakukan pengecekan ranmor via aplikasi digital. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kalian pakai, seperti aplikasi JAKI milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, atau Pajak Online DKI.

  1. Cek ranmor DKI via website resmi Samsat

Cara kedua cek ranmor bisa melalui website resmi DKI Jakarta. Kalian dapat mengakses dengan mudah melalui laman http://samsat-pkb2.jakarta.go.id. Cara ini tidak susah, kalian masukkan nomor plat kendaraan, kemudian pilih opsi cari untuk memunculkan hasil sesuai dengan yang kalian inginkan.

  1. Cek ranmor Jakarta melalui SMS

Kalian bisa menggunakan cara terakhir ini untuk melakukan cek ranmor Jakarta, yakni melalui SMS dan mengirimkannya ke nomor 8893. Berikut formatnya:

  • Ketik "Info (spasi) RANMOR (spasi) nomor plat kendaraan".
  • Tunggu hingga memperoleh SMS balasan yang berisi informasi seputar kendaraan.

Selain itu, bagi kalian pengguna Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *368* kemudian nanti akan muncul tulisan 'DITLANTAS POLRI' dengan opsi Polda Metro Jaya dan Polda Sumut. Lalu, kalian tinggal pilih opsi pertama.

Nanti kalian akan mendapatkan empat pilihan pada layar, yang mencakup Info RANMOR, Info Pajak RANMOR, Pajak Reminder, Info Smiling, dan Info Samling. Kalian tinggal pilih opsi pertama jika ingin mengetahui informasi nomor kendaraan yang kalian miliki.

Fungsi cek ranmor DKI Jakarta

Seiring kemajuan teknologi yang berkembang pesat, nomor kendaraan kian mudah dilacak. Dalam hal ini terdapat beberapa fungsi yang harus kalian ketahui:

  • Untuk mengetahui status pajak kendaraan
  • Untuk mendapatkan informasi pemilik
  • Untuk melacak keberadaan kendaraan yang hilang
  • Menelusuri tindak kejahatan

Demikian informasi seputar cara cek ranmor DKI Jakarta yang bisa kalian pelajari dan terapkan jika ingin melakukan pengecekan terhadap kendaraan kalian.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR