3 Situs Tes MBTI, Akurat dan Mudah Diakses

7 Jun 2024 12:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang kebingungan menentukan tipe kepribadiannya. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Tes kepribadian atau MBTI menjadi salah satu cara untuk mengetahui kepribadian seseorang. Bahkan beberapa instansi kerap menggunakan test ini sebagai salah satu syarat atau kriteria untuk suatu posisi yang tersedia.

Pada dasarnya tes MBTI atau The Myers Briggs Type Indicator adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang terutama dalam menilai sesuatu dan mengambil keputusan.

Untuk mengetahui tipe MBTI yang dimiliki, seseorang dapat menggunakan berbagai situs terpercaya untuk mengukurnya. Berikut 3 rekomendasi situs tes MBTI, akurat dan mudah diakses.

  • 16personalities

Situs pertama yang dapat digunakan adalah situs 16personalities atau https://www.16personalities.com/free-personality-test. Melalui situs tersebut seseorang diwajibkan untuk menjawab setidaknya 93 pertanyaan mengenai kepribadian dan preferensi seseorang.

16personalities juga menyediakan hasil yang cukup detail terkait dengan MBTI yang didapat, mulai dari penjelasan umum  mengenai tipe MBTI yang didapat, kekurangan, kelebihan, pekerjaan yang sesuai, hingga tokoh penting atau terkenal yang memiliki MBTI yang sama.

  • Eysenck Personality Inventory

Situs kedua adalah Eysenck Personality Inventory atau EPI, dengan situs https://iluguru.ee/test/eysencks-personality-inventory-epi-extroversionintroversion/. Dalam situs tersebut, seseorang wajib menjawab 57 pertanyaan yang memiliki jawaban ‘Ya’ atau ‘Tidak.’

Nantinya situs yang satu ini akan mengukur dua dimensi yang menyebar dan juga independen. Dua dimensi tersebut adalah extraversion-introversion dan neuroticism-stability. Dengan dua dimensi tersebut, EPI akan mengukur cara seseorang dalam berperilaku.

  • Interpersonal Skills Self-Assessment

Situs ketiga yang dapat digunakan secara cuma-cuma adalah situs Interpersonal Skills Self-Assessment, dalam situs https://www.skillsyouneed.com/quiz/343479/lang/en/newtest/Y

Mencakup empat kemampuan utama manusia, yaitu komunikasi verbal, mendengarkan, kecerdasan emosional dan kerja sama dalam tim. Hasil akhir dari tes MBTI  menggunakan Interpersonal Skills Self-Assessment tidak hanya menampilkan tipe MBTI yang dimiliki, namun juga akan menampilkan kemampuan interpersonal yang dimiliki dan juga kemampuan interpersonal mana yang harus diperbaiki.

Itulah 3 rekomendasi situs tes MBTI yang akurat dan mudah untuk diakses. Perlu diketahui tipe MBTI seseorang memang acap kali berubah dalam rentang waktu yang tertentu. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar apabila hasil tes MBTI dari waktu ke waktu sering berubah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER