Mengenal INTJ, Si Paling Arsitek yang Jadi Ahli Strategi

4 Jan 2023 18:01 WIB

thumbnail-article

Sutradara Christopher Nolan, salah satu public figure yang diketahui memiliki kepribadian INTJ.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah salah satu tolak ukur seseorang bahkan suatu instansi untuk menilai sifat, dan kepribadian seseorang. Salah satu tipe kepribadian yang ada adalah INTJ.

INTJ  adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Thinking, dan Judging. Tipe kepribadian yang satu ini kemudian terbagi menjadi dua, yaitu INTJ-A (arsitek asertif) dan INTJ-J (arsitek turbulen). Meskipun dalam beberapa kesempatan INTJ-A dan INTJ-J memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun keduanya pada umumnya memiliki karakter introvert, ambisius, logis, rasional dan gemar  membuat rencana atau strategi.

Dilansir dari situs www.16personalities.com, situs untuk melakukan cek MBTI, seorang INTJ baik INTJ-A atau INTJ-J merupakan kepribadian yang paling jarang ditemui dan penuh dengan strategi. Saking jarangnya yang memiliki tipe kepribadian INTJ, diperkirakan hanya berkisar 0,8% orang di dunia yang memiliki kepribadian model ini. 

Meskipun sangat jarang ditemukan, namun sosok INTJ sangat  brilian dalam pengetahuan yang mereka dalami. Sayangnya, seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini merupakan seorang introvert, sehingga melakukan kontak sosial dengan orang lain atau berada di keramaian dalam waktu lama bukan salah satu tipe ‘bertemannya.’

Maka tak heran bila seorang INTJ merasa mudah lelah bila harus berinteraksi dengan orang lain dan berada di keramaian dalam waktu yang cukup lama. Karena hal itu pula seorang INTJ gemar bepergian sendiri. 

Meskipun kontak sosial bukanlah gaya ‘bertemannya’, seorang INTJ tidak langsung menutup diri kepada lingkungan. Mereka tetap berinteraksi dengan orang lain, namun dengan waktu yang terbatas.

Namun, meskipun dikenal sebagai seorang pendiam, seorang INTJ memiliki strategi yang matang dan tepat sasaran. Mereka mampu menganalisa suatu permasalahan dengan tepat dan memikirkan strategi apa yang harus diambil. Oleh karena itu, seorang INTJ biasanya cocok bekerja di bidang akuntan, social media strategist  atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan analisis masalah. Beberapa tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian INTJ adalah Michelle Obama, Elon Musk, Christopher Nolan, dan Friedrich Nietzsche.

Itulah beberapa informasi mengenai INTJ, si paling arsitek yang jadi ahli strategis. Pada dasarnya semua MBTI, termasuk INTJ memiliki ciri khas dan karakteristiknya masing-masing.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER