5 Artikel Pilihan: Mulai dari Jadwal Gugatan Pemilu hingga Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

25 Maret 2024 19:03 WIB

Narasi TV

Pexels

Penulis: Narasi

Editor: Narasi

1. Jadwal dan Tahapan Gugatan Pemilu 2024

Mahkamah Konstitusi (MK) telah membuka pengajuan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) sejak Rabu (20/3/2024). Pembukaan pengajuan tepat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) membacakan hasil penghitungan suara. Lantas, kapan jadwal gugatan pemilu 2024?

Baca selengkapnya disini!

2. Istilah Mokel Bahasa Gaul Di Bulan Ramadhan Dan Ancaman Dalam Hukum Islam

Sebagai informasi, kata mokel bukan bahasa baku sehingga kata tersebut tidak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mokel berarti berbuka puasa secara sengaja sebelum waktunya, umumnya mereka melakukan mokel karena tidak kuat untuk menahan lapar dan haus di tengah aktivitas. Mereka yang melakukan mokel biasanya membatalkan puasanya tanpa adanya udzur syar’i seperti haid, sakit, safar, dan lain-lain.

Baca selengkapnya disini!

3. Kapan Lailatul Qadar Ramadhan 2024 Terjadi? Ini Prediksi Tanggalnya 

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih mulia daripada seribu bulan, pada malam tersebut Allah menurunkan Al-Qur’an dari Lauhul Mahfuz ke Baitul ‘Izzah  (langit dunia), yang  setelah itu diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. secara berangsur-angsur. 

Bagi kaum muslimin berikut adalah panduan mengetahui malam Lailatul Qadar dari kalender Hijriah 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI:

Baca selengkapnya disini!

4. Hotman Paris Hingga Otto Hasibuan Gabung Tim Hukum Prabowo-Gibran

Sejumlah pengacara kondang mulai dari Hotman Paris hingga Otto Hasibuan bergabung dengan tim hukum pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam menghadapi sengketa hasil pemilihan presiden (pilpres) di Mahkamah Konstitusi (MK). Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran itu diketuai oleh Yusril Ihza Mahendra didampingi Otto Hasibuan, Fachri Bahmid, dan Maulana Bungaran sebagai wakil ketua. Sementara itu, advokat kenamaan seperti Hotman Paris dan OC Kaligis didapuk sebagai anggota tim.

Dalam menghadapi sengketa Pemilu 2024, Hotman mengimbau agar seluruh proses dihadapi dengan kepala dingin. Ia juga meminta tim hukum paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk berdebat dengan cinta kasih.

Baca selengkapnya disini!

5. Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Menko PMK Beri Himbauan Ini

Pemerintah prediksi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H atau tahun 2024 M akan terjadi pada rentang tanggal 5-7 April 2024, sementara puncak arus baliknya dijadwalkan pada tanggal 14-15 April 2024. Proyeksi jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 193,6 juta orang, naik sekitar 60 persen dari tahun sebelumnya. Menurut Muhadjir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengaktifkan 6 ruas jalan tol untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini.

Baca selengkapnya disini!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR