Kapan Lailatul Qadar Ramadhan 2024 Terjadi? Ini Prediksi Tanggalnya

21 Mar 2024 18:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi malam Lailatul Qadar Ramadan 2024. (Sumber: Craig Adderley)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia yaitu malam Lailatul Qadar, lantas kapan malam Lailatul Qadar pada Ramadan 2024 ini?

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih mulia daripada seribu bulan, pada malam tersebut Allah menurunkan Al-Qur’an dari Lauhul Mahfuz ke Baitul ‘Izzah  (langit dunia), yang  setelah itu diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. secara berangsur-angsur.

Allah telah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 153

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Bulan Ramadan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Dilansir dari NU Online, ayat di atas merupakan dalil bahwa Al-Qur’an pertama kali diturunkan di bulan suci Ramadan. Mengenai Lailatul Qadar, Allah menyatakan:

 إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS Al-Qadr [97]: 1-5)

Kapan Lailatul Qadar Ramadhan 2024?

Pada dasarnya kita sebagai manusia tidak bisa memastikan kapan persisnya malam Lailatul Qadar tiba. Hal tersebut dikarenakan Allah Swt. memang merahasiakannya. 

Akan tetapi, kita sebagai hamba dapat memprediksi kapan malam Lailatul Qadar datang. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah tanda yang diasosiasikan sebagai hari di mana malam seribu bulan datang.

Terkait kapan waktu terjadinya malam Lailatul Qadar, para ulama memiliki pendapat masing masing.

Salah satu ulama hadis terkemuka dari mazhab Syafi’i, Ibnu Hajar Al-Asqalani (1372-1449 M), dalam kitab Fathul Bari, menyebutkan ada 45 pendapat soal kapan waktu malam Lailatul Qadar.

Namun, menurut Ibnu Hajar, dari 45 pendapat itu, yang paling unggul (rajih) adalah pendapat yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan. 

Sementara tanggal persisnya malam Lailatul Qadar dijelaskan berbeda-beda tiap tahunnya.

Dari tanggal-tanggal ganjil itu, yang paling potensial adalah tanggal 21 dan 23 Ramadan. Sebagaimana pendapat Imam Syafi’i. Sementara menurut mayoritas ulama adalah malam tanggal 27 Ramadhan (Fathul Bari, juz 5, halaman 569).

Jadwal Lailatul Qadar Ramadhan 2024

Merujuk dari penjelasan di atas, bagi kaum muslimin berikut adalah panduan mengetahui malam Lailatul Qadar dari kalender Hijriah 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI:

  • 19 Ramadhan 1445 Hijriah: Sabtu, 30 Maret 2024.
  • 20 Ramadhan 1445 Hijriah: Minggu, 31 Maret 2024.
  • 21 Ramadhan 1445 Hijriah: Senin, 1 April 2024 (Perkiraan hadirnya malam Lailatul Qadar).
  • 22 Ramadhan 1445 Hijriah: Selasa, 2 April 2024.
  • 23 Ramadhan 1445 Hijriah: Rabu, 3 April 2024 (Perkiraan hadirnya malam Lailatul Qadar).
Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER