5 Bahaya yang Mengancam dari Makanan Berminyak

19 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Indonesia memang identik dengan makanan yang beragam dan memiliki cita rasa lezat, tak terkecuali makanan berminyak. Hal tersebut terbukti dari penggunaan minyak yang hampir selalu dipakai dalam setiap masakan Indonesia, seperti gorengan, nasi goreng, hingga rendang yang menggunakan minyak sebagai salah satu bahan utamanya.

Namun meskipun menambah cita rasa suatu makanan, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih juga tidak baik bagi kesehatan seseorang. Banyak penyakit yang mengintai karena minyak yang masuk dalam tubuh berlebih, apalagi bila minyak tersebut merupakan minyak jelantah yang sudah dipakai berulang kali. 

Berikut adalah 5 bahaya yang mengancam tubuh manusia yang disebabkan oleh kandungan minyak berlebih.

  • Jerawat

Jerawat adalah kondisi dimana kulit wajah manusia seperti membengkak, yang disebabkan karena adanya penyumbatan oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Namun, tanpa disadari makanan berminyak juga menjadi salah satu alasan mengapa jerawat muncul pada wajah manusia.

Hal tersebut karena minyak mengandung beberapa lemak, seperti lemak trans, lemak jenuh, dan minyak yang dihidrogenasi. Ketiga unsur tersebut dapat menumpuk dalam sel tubuh manusia dan memicu penyumbatan pori-pori wajah, sehingga muncul jerawat dan komedo di wajah. 

  • Merusak bakteri baik di usus

Usus manusia diketahui memiliki bakteri baik yang dapat membantu proses pencernaan. Sayangnya dengan mengkonsumsi minyak berlebih, bakteri baik tersebut dapat hilang atau berkurang karena dirusak oleh minyak. Hal tersebut bila dibiarkan akan memicu penyakit lain, seperti penyakit jantung, kolesterol, hingga obesitas.

  • Meningkatkan risiko kanker

Tidak hanya mengganggu kinerja usus, kandungan minyak yang berlebih dalam tubuh manusia juga dapat memicu berbagai jenis kanker, seperti kanker paru, kanker payudara, hingga kanker kulit. 

  • Mengganggu fungsi otak

Minyak juga dapat mengganggu kinerja atau fungsi otak. Pola makan yang berlebihan dan mengandung minyak yang cukup banyak, dapat menyebabkan sindrom metabolik. Sindrom tersebut nantinya terkait dengan kerusakan pada jaringan, aktivitas, dan kinerja otak seorang manusia.

 

  • Obesitas, penyakit jantung, dan diabetes

Ancaman yang terakhir adalah obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Dengan mengkonsumsi makanan berminyak, maka berarti kalori yang masuk ke dalam tubuh manusia juga semakin banyak. Hal tersebut nantinya akan memicu kenaikan berat badan berlebih, atau obesitas.

Kemudian obesitas akan mengancam kinerja jantung manusia. Obesitas  merupakan kenaikan badan berlebih karena adanya lemak yang berlebih. Lemak tersebut tentu akan mengganggu kinerja jantung, karena dapat menyumbat sistem peredaran darah manusia.

Itulah 5 bahaya yang mengancam tubuh manusia karena mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebih. Semoga membantu.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER