5 Fakta Menarik Jelang Manchester United vs Manchester City Akhir Pekan Ini

12 Jan 2023 22:01 WIB

thumbnail-article

Old Trafford, Manchester, Inggris - 4 September 2022 Pemain Manchester United Marcus Rashford merayakan gol ketiganya bersama Scott McTominay, Bruno Fernandes dan Raphael Varane REUTERS/Craig Brough

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Laga Manchester United vs Manchester City akan tersaji di pekan ke-18 Liga Inggris musim ini pada Sabtu (14/01/2023) nanti. Derbi Manchester yang diselenggarakan di Old Trafford tersebut dijadwalkan akan dimulai pada pukul 19.30 WIB. 

Kemenangan menjadi harga mati bagi kedua tim, pasalnya Setan Merah dan The Citizen saat ini sedang dalam persaingan papan atas klasmen Liga Inggris musim 2022-2023.

Pertandingan yang bertajuk derbi Manchester ini menjadi duel yang sangat ditunggu-tunggu bagi para penggemar kedua tim.

Fakta menarik derbi Manchester

Berikut fakta menarik jelang duel antara Manchester United vs Manchester City yang akan dihelat di Stadion Old Trafford, markas Setan Merah.

1. Sejak Guardiola, Manchester City lebih dominan

Pep Guardiola datang ke Manchester City dari Bayern Munchen pada 2016 silam. Sejak ditukangi mantan gelandang Barcelona tersebut, City tampil lebih dominan ketimbang tetangga sekotanya.

Sejak 1 Februari 2016, City berhasil meraih 9 kemenangan, 7 kekalahan, dan 2 hasil imbang dari 18 pertemuan dengan Manchester United.

2. Sama-sama dalam performa impresif

Jelang laga derbi Sabtu malam nanti, City dan United tengah dalam performa apik di Liga Inggris musim ini.

Anak asuh Pep Guardiola kini berada di posisi 2 klasemen sementara dengan torehan 39 poin, berjarak 5 poin dari pemuncak klasemen, Arsenal.

Sementara itu, Setan Merah memulai paruh kedua musim 2022/2023 dengan impresif. Anak asuh Erik ten Hag belum sekalipun menelan kekalahan setelah jeda Piala Dunia 2022 pada November-Desember lalu.

Kini, Manchester United berada di peringkat 4 klasemen sementara Liga Inggris. Kemenangan atas City pada Sabtu malam nanti akan membuat MU menggeser Newcastle di peringkat 3 klasemen sementara.

3. Derbi ke-189

Melansir data 11v11, laga derbi Manchester Sabtu nanti menandai pertemuan ke-189 kedua tim dalam semua ajang.

Kedua tim pertama kali bertemu pada 3 Oktober 1891 di ajang FA Cup. Dalam laga tersebut, Manchester City yang masih bernama Ardwick dikalahkan Manchester United dengan skor 1-5.

Sepanjang 188 pertemuan, Manchester United memang tampil lebih dominan ketimbang Manchester City yang baru menjadi klub besar dalam dua dekade terakhir.

MU mencatatkan 77 kemenangan, 53 hasil imbang, dan 58 kekalahan ketika melawan Manchester City sejak 1891.

4. Misi balas dendam MU

Sabtu malam nanti MU yang bermain di depan publik sendiri harus menang demi membalaskan dendam dalam tiga laga terakhir yang selalu dikalahkan anak asuh Pep Guardiola.

Setan Merah terakhir kali menang atas City pada tahun lalu, tepatnya pada tanggal 7 Maret 2021. Kala itu, MU berhasil menang di Etihad Stadium dengan skor 0-2 yang dicetak Bruno Fernandes dan Luke Shaw.

5. Sebanyak 532 gol telah tercipta

Telah bermain sebanyak 188 kali, derbi Manchester telah menghasilkan 532 gol sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Manchester United unggul tipis dalam jumlah gol dengan torehan 269 gol ke gawang tetangga sekotanya. Sementara Manchester City telah mencetak 263 gol sepanjang pertemuannya dengan Setan Merah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER