5 Fakta Pembunuhan di Cikarang: Suami Bunuh Istri di Depan Anaknya

12 September 2023 13:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Seorang suami bernama Nando tega membunuh istrinya, Mega Suryani di Cikarang Barat, Bekasi. Peristiwa pembunuhan ini terjadi pada Kamis (7/9/2023) malam. Guna mengetahui kronologi kejadiannya, berikut fakta mengenai kasus pembunuhan tersebut.

Pembunuhan terjadi di rumah kontrakan Nando dan Mega di Kampung Cikedokan, Desa Sukada, Cikarang Barat, Bekasi. Sekitar pukul 22.00 WIB, Nando dan Mega terlibat pertengkaran sebelum kejadian. Motif pertengkarannya adalah karena sakit hati dan faktor ekonomi.

Berikut rangkuman fakta mengerikan suami bunuh istri di Cikarang Barat:

  • Pelaku mengaku sakit hati

Sebelum pembunuhan terjadi, pelaku mengaku sempat cekcok dengan korban. Ia sakit hati lantaran istrinya sering memaki-maki pelaku. Kebetulan sang istri memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibanding suaminya. 

Karena tidak terima dengan perlakuan istri, pelaku langsung memukul korban menggunakan tangan kanannya. Ia kemudian menyeret korban menuju ke dapur dan menghabisi nyawanya di sana.

“Tersangka langsung mengiris leher korban (menggunakan pisau dapur) hingga korban tidak bernyawa,” ujar Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat, AKP M. Said Hasan saat diwawancarai TVOne pada Selasa (12/9/2023).

Menurut Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat AKP M. Said Hasan, pembunuhan terjadi bukan direncanakan, melainkan secara spontan dilakukan oleh Nando. Apalagi sebelumnya mereka juga sering terlibat pertengkaran.

  • Sempat memandikan jenazah

Mengetahui korban sudah tidak bernyawa, pelaku pun menggendongnya ke kamar mandi untuk dimandikan. Setelah dimandikan, pelaku mengelap tubuh dan darah korban menggunakan pakaian milik anaknya. 

Setelah itu, pelaku menggendong jasad korban ke dalam kamar, membaringkannya di atas kasur, kemudian menutupinya dengan selimut. Ia juga sempat mencuci dan menjemur pakaian korban saat itu.

  • Pelaku menyerahkan diri ke Polsek Cikarang Barat

Usai membunuh istrinya secara sadis, pelaku membawa kedua anaknya untuk dititipkan ke ibu mertuanya. Setelah itu, ia pergi ke rumah kedua orang tuanya. Ia tampak kebingungan dan menceritakan kronologi kejadian tersebut. 

Dengan diantar kedua orang tuanya, Nando pun menyerahkan diri ke Polsek Cikarang Barat pada Sabtu (9/9/2023) pukul 01.30 WIB. Ia menjelaskan bahwa telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga berujung pembunuhan.

  • Jasad korban ditemukan di atas kasur

Mendengar pengakuan pelaku, Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat bersama Kapolsek Cikarang Barat dan tim menuju ke tempat kejadian perkara (TKP). 

Di sana, mereka menemukan jasad Mega sudah berada di atas kasur dengan posisi diselimuti selimut warna hijau. Selain itu, terlihat adanya luka sayatan di leher korban.

“Benar, ternyata sesampainya di sana didapati adanya jasad wanita sudah tidak bernyawa dan diselimuti oleh selimut berwarna hijau,”ujar Hasan pada Selasa (12/9/2023) dalam wawancaranya bersama tvOneNews.

  • Korban sempat mengunggah foto

Sebelum kejadian yang merenggut nyawanya, Mega sempat mengunggah beberapa foto. Di sana terlihat bahwa Nando seringkali melakukan kekerasan padanya. Tak hanya itu, Mega juga mengalami kekerasan dari mertuanya.

Mega sempat melaporkan aksi kekerasan yang dialaminya ke unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Metro Bekasi. Sebelumnya, Mega tidak pernah mau melaporkan kejadian yang menimpanya, termasuk mengadu pada ibunya.

“Doain aku dipermudah jadi jendes (janda) ya gais. Mudah-mudahan kali ini ga jilat ludah sendiri lagi,” tulis Mega dalam unggahannya di media sosial.

Akibat kejadian tersebut, pelaku dijerat Pasal 339 KUHP subsider Pasal 338 KUHP dan Pasal 5 jo Pasal 44 ayat (3) tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan ancaman 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR