Manajer WO Tersangka Kebakaran Bromo, Terancam 5 Tahun Penjara

12 September 2023 10:09 WIB

Narasi TV

Polres Probolinggo mengadakan konferensi pers terkait penetapan Manajer WO sebagai tersangka kasus kebakaran di Bukit Teletubies, Gunung Bromo. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Manajer wedding organizer (WO) telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kebakaran di Bukit Teletubbies Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Tersangka bernama Andrie Wibowo Eka Wardhana (41) berperan sebagai penanggung jawab terkait perizinan masuk ke kawasan konservasi Gunung Bromo. 

Belakangan diketahui bahwa kegiatan foto prewedding yang menyebabkan kebakaran tidak mengantongi izin masuk kawasan konservasi.

Padahal, setiap orang yang hendak melakukan kegiatan di area tersebut wajib meminta izin kepada pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Apabila mengajukan izin tentunya dari pengelola TNBTS akan menyampaikan situasi saat ini, apakah kering atau aman untuk menggunakan flare atau tidak,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana sebagaimana dilansir dari Kompas

Selain itu, Andrie juga berperan dalam memberikan ide dan konsep penggunaan flare atau kembang api kepada calon pengantin. 

Sebagaimana diketahui, penggunaan flare itulah yang pada akhirnya menyulut kebakaran di area Bukit Teletubbies. 

Selain Andrie, polisi juga memanggil dan memeriksa 5 orang saksi lainnya yang terlibat dalam peristiwa kebakaran.

Terancam 5 tahun penjara

Akibat perbuatannya, Andrie dikenai Pasal 50 ayat 3 huruf D juncto Pasal 78 ayat 4 UU Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan sebagaimana diubah dalam Pasal 50 ayat 2 huruf b juncto Pasal 78 ayat 5 UU No. 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI No. 2 tahun 2022 tentang Ciptaker menjadi UU dan atau Pasal 188 KUHP.

Warga Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang itu terancam hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda paling banyak sebesar Rp1,5 miliar.

Sementara itu, pasangan calon pengantin dikenakan sanksi berupa wajib lapor.

Kebakaran di Bukit Teletubbies bermula ketika tim WO tengah melakukan sesi pemotretan untuk prewedding

Mereka menyalakan 4 buah flare, sedangkan 1 flare gagal dinyalakan. Flare yang gagal menyala itu kemudian meletup dan menimbulkan api.

Situasi lahan yang kering dan panas menyebabkan api cepat menyebar dan akhirnya membuat padang sabana seluas 50 hektar itu terbakar. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR