5 Negara yang Letaknya Paling Utara di Dunia

15 Jan 2023 17:01 WIB

thumbnail-article

Rudolf Island, Russia. Salah satu kawasan paling utara di dunia. Sumber: National Geographic.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Berbicara negara paling utara di ASEAN pasti sebagian dari kita sudah tahu yaitu Myanmar, namun bagaimana kalau ditanya negara apa yang terletak paling utara di dunia? Pasti sebagian dari kita masih bingung.

Dilansir dari worldatlas.com titik utara bumi dikenal sebagai Lingkaran Arktik. Lingkaran ini berada di sisi paling utara dari lima lingkaran besar garis lintang. Suhu di sana mencapai -2°C sepanjang tahun, sementara pada musim dingin laut Arktik membeku, bahkan berbagai tempat seperti Siberia bisa turun suhunya hingga -40 derajat Celcius.

Berikut adalah negara-negara yang terletak paling utara di dunia. 

Greenland (Denmark)

Diurutan pertama ada Greenland negara otonom dari Denmark yang paling dekat dengan Samudra Arktik. Titik paling utara adalah Pulau Kaffeklubben, tepatnya pada garis lintang 83°40' LU.

Pulau yang dikenal dengan julukan pulau klub Kopi ini memiliki iklim yang ekstrim. Pasalnya setiap tahun wilayah ini diselimuti kegelapan kurang lebih selama 6 bulan.

Memasuki musim panas, wilayah ini masih diselimuti es, jadi bisa dipastikan ketika kamu berkunjung ke sana tidak bisa bertelanjang dada sesuka hati. Cuaca ekstrim ini disebabkan letak pulau yang hanya berjarak 713,5 kilometer dari Kutub Utara.

Kanada

Di Urutan kedua ada Kanada. Titik paling utaranya adalah Cape Columbia, Pulau Ellesmere, Nunavut. Tepatnya pada garis lintang 83°06' LU dengan panjangnya mencapai 830 kilometer. Sementara wilayah Nunavut Zenit Point sendiri terletak pada koordinat 73° LU 091° W dan memiliki luas total 2.038.722 kilometer persegi.

Tidak jauh berbeda dengan Greenland, wilayah ini juga sepanjang tahun tertutup gletser dan lapisan es dengan jarak sekitar 761 kilometer dari Kutub Utara. Cape Columbia, Pulau Ellesmere hanya dihuni oleh 146 orang.

Rusia

Titik paling utaranya adalah Cape Flagley, Pulau Rufold, Franz Josef Land, tepatnya pada garis lintang 81°51' LU. Sepanjang tahun seluruh wilayah Pulau Rudolf tertutup gletser dan tidak memiliki habitat sehingga tidak mendukung vegetasi. Pada musim dingin wilayah ini suhunya akan turun hingga -40°C. Di musim panas suhunya mencapai 0-3°C.

Titik jarak Cape Flagley, Pulau Rufold, Franz Josef Land sekitar 911 kilometer dari Kutub Utara. Franz Josef Land sendiri memiliki rangkaian sekitar 191 pulau yang jarak totalnya mencapai 16.134 kilometer persegi.

Norwegia

Selanjutnya negara paling utara keempat bergeser ke daratan eropa yaitu Norwegia, tepatnya di Rossøya atau Pulau Ross, Svalbard yang terletak pada garis lintang 80°49' LU.

Jarak Pulau Ross dari Kutub Utara sekitar 1024,3 kilometer. Pada musim panas beberapa burung akan bermigrasi ke wilayah ini. Sementara beruang kutub juga akan banyak didapati di pulau ini terutama pada musim dingin karena adanya es.

Selain itu pada musim panas wilayah yang masuk administrasi Finn Mark ini bisa diakses dengan kapal namun akan berbeda ketika musim dingin, wilayah ini akan sulit diakses karena kondisi beku. 

Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara kelima yang paling utara di dunia dengan titik paling utaranya ada pada Point Barrow, Alaska. Tepatnya pada garis lintang 71°23' LU. Point Barrow sendiri merupakan sebuah tanjung yang terletak di pantai Samudra Arktik di negara bagian Alaska, wilayah ini juga membatasi Laut Beaufort di timur dan Laut Chukchi di barat.

Point Barrow, Alaska ini akan tertutup es sepanjang tahun dan hanya akan bebas es selama sekitar 2-3 bulan. Terdapat situs arkeologi dan artefak serta budaya Thule yang bisa ditemukan di daerah ini.

Itulah beberapa negara paling utara di dunia, meskipun memiliki cuaca yang begitu dingin, keuntungan tinggal dekat dengan kutub utara, kamu bisa melihat Aurora Borealis secara langsung loh.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER