5 Tips Membangun Self Branding untuk Menunjang Karirmu

16 Februari 2023 16:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang perempuan yang sedang merekam video dirinya. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Self branding atau personal branding dapat menjadi kunci kesuksesan agar bisa dilirik oleh pemberi kerja. Dengan membangun self branding, kamu dapat menunjukkan eksistensimu di depan publik atau pemberi kerja. Memang bukan hal yang mudah, tetapi membangun self branding sangat penting untuk menunjukkan nilai yang ada dalam dirimu.

Self branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek tersebut bisa berupa kepribadian, kemampuan, nilai, dan persepsi positif. Kamu bisa mengambil kendali penilaian orang lain terhadap dirimu. Dengan membangun self branding, sebenarnya kamu juga sedang membangun citra diri.

Self branding menjadi penting untuk menunjukkan kredibilitas, membangun relasi seluas-luasnya, menumbuhkan rasa percaya diri atau self confidence, serta meningkatkan kejujuran terhadap diri sendiri. 

Tujuan membangun self branding

Tujuan membangun self branding di antaranya:

  1. Mengenalkan keunikan, ciri khas, dan kemampuan kita kepada orang lain
  2. Memberi tahu orang lain tentang identitas kita yang memiliki nilai lebih
  3. Menampilkan kesan bahwa kita adalah solusi untuk menyelesaikan suatu masalah
  4. Membuat orang lain memiliki persepsi positif kepada diri kita
  5. Merangsang orang lain untuk menilai kualitas diri kita

Yang perlu diingat tujuan self branding bukan berarti ingin menyombongkan diri atau sekadar pamer saja. Lebih dari itu, self branding justru dilakukan untuk kemajuan karir dan meningkatkan kualitas diri.

Cara membangun self branding

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun self branding:

  • Kenali dirimu sendiri

Ketika sudah bisa mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu, kamu akan dengan mudah menentukan bagaimana self branding-mu. Kamu harus konsisten dalam mengembangkan kelebihan atau potensi diri. Di samping itu, kamu juga bisa mengubah apa yang menjadi kekuranganmu sedikit demi sedikit.

  • Tentukan apa yang menjadi tujuanmu

Setelah mengenal diri sendiri, kamu akan tahu apa yang sebenarnya menjadi tujuanmu di masa depan. Hal ini menentukan strategi yang akan kamu lakukan untuk membangun self branding tersebut. 

  • Riset role model

Untuk membangun self branding, kamu dapat menjadikan seseorang sebagai role model. Ini akan mempermudah langkahmu dalam menyusun strategi mengembangkan diri. Kamu bisa melihat bagaimana etos kerja, kegiatan, atau bahkan sesuatu yang digunakan oleh role model. Walaupun begitu, bukan berarti kamu menjiplak 100% gaya role model tersebut.

  • Tentukan karakter yang ingin ditonjolkan

Ciptakan karakter atau ciri khas yang membuat orang lain mengingat tentang dirimu. Kamu perlu membuat “deskripsi” atas dirimu sendiri.

  • Jangan menampilkan kebohongan

Terakhir, membangun self branding tidak boleh berbohong. Apa yang kamu promosikan tentang dirimu harus dapat dipertanggungjawabkan.


Membangun self branding memang membutuhkan waktu dan konsisten. Maka dari itu, sebisa mungkin bangun self branding-mu mulai dari sekarang.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR