5 Tips Persiapan Tes IELTS Sebelum Lanjut Kuliah di Luar Negeri

23 Jan 2023 10:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang yang sedang mengikuti bimbingan belajar bahasa. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi keluar negeri baik itu jalur beasiswa ataupun pribadi, yuk simak tips persiapan tes IELTS (International English Language Testing System), karena salah satu syarat kuliah keluar negeri harus memenuhi kompetensi bahasa Inggris IELTS dan TOEFL.

Ada perbedaan mendasar antara IELTS dan TOEFL. IELTS adalah tes bahasa Inggris yang digunakan untuk keperluan, pekerjaan, migrasi dan juga pendidikan. Sementara untuk TOEFL adalah tes yang akan menguji kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara khusus.

Empat Sesi Tes IELTS

IELTS memiliki serangkaian tes bahasa Inggris seperti mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Dalam tes-nya IELTS dibagi menjadi empat sesi yang berbeda seperti:

  • Listening Selection: dalam sesi tes ini kamu akan mendengarkan empat rekaman dan menjawab pertanyaan terkait percakapan yang kamu dengarkan menggunakan native speaker Inggris.
  • Reading section: mengharuskan kamu untuk menjawab 40 pertanyaan  soal yang menguji kemampuan kamu dalam membaca, mencari gagasan utama, ide pokok dan argumen logis.
  • Speaking section: mengetes kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris secara lisan, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai topik random.
  • Writing section: dalam tes ini kamu akan menerima tugas esai dengan 150 kata sampai 250 kata sesuai topik minat yang kamu pilih

Tips persiapan tes IELTS

Di bawah ini adalah enam tips persiapan buat kamu sebelum melakukan tes IELTS:

  • Ikuti Kursus Persiapan

Tips pertama sebelum tes adalah mengikuti kursus yang disediakan oleh lembaga pendidikan, atau kamu juga bisa melakukan latihan secara mandiri melalui buku atau lewat internet. Sebelum kamu memulai kursus pastikan lembaga yang kamu pilih resmi menyediakan kursus IELTS.

  • Konsisten Belajar

Kekonsistenan menjadi kunci untuk kamu berhasil mengerjakan soal IELTS, pastikan kamu menyisihkan waktu minimal sejam untuk melatih kemampuan bahasa Inggris.

  • Sering Membaca

Tips ketiga adalah membaca artikel, berita, buku-buku akademik, nobel yang berbahasa Inggris dengan begitu ada nada kosakata baru yang bisa kamu ketahui dari bacaan tersebut.

  • Latihan Mendengar

Salah satu cara untuk melatih pendengaran adalah melalui lirik lagu atau teks film, selain menambah kosa kata baru kamu juga bisa memahami bahasa dan logat dan isi dari sebuah percakapan.

  • Cari Teman Belajar

Bagi sebagian dari kita mungkin akan kesulitan untuk belajar sendiri, maka salah satu tipsnya adalah mencari teman berlatih terutama dalam speaking test (tes berbicara).

 Demikianlah tips mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS. Semoga bermanfaat. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER