6 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik, Mampu Merekam dengan Kualitas Tinggi

3 Jan 2023 08:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang streamer tengah melakukan live streaming. (Sumber: Freepik/Lifestylememory)

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Aplikasi perekam layar saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama yang berkecimpung di dunia kreator konten. 

Aplikasi ini dapat berguna untuk membuat video tutorial, merekam gim, dan lainnya. 

Saat ini banyak aplikasi perekam layar untuk PC yang bisa kamu gunakan. Banyak pilihan aplikasi perekam, baik yang berbayar maupun gratis.

Berikut ini merupakan enam aplikasi perekam layar untuk PC terbaik dengan kualitas video yang ciamik.

1. Screenpresso

Screenpresso adalah aplikasi yang pertama. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun terdapat fitur-fitur yang berbayar.

Jika kamu memakai mode premium yang berbayar, kamu bisa menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini. Namun bagi kamu jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, kamu bisa menikmati mode gratis saja.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa menikmati penggunaan tanpa adanya watermark. Selain itu ada fitur share kalau kamu ingin membagikan hasil rekaman layar ke dalam media sosial. 

2. VideoProc

Aplikasi yang selanjutnya adalah VideoProc. Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam merekam layar baik di sistem operasi Windows atau macOS tanpa batasan durasi video. 

Kamu bahkan dapat mengandalkan aplikasi ini dalam kebutuhan untuk webinar, meeting online, live stream, Skype, YouTube, dan lainnya.

VideoProc mampu memberikan rekaman stabil dengan memakan kinerja CPU yang rendah berkat adanya teknologi akselerasi GPU. 

Kamu juga dapat secara fleksibel menentukan area yang bakalan direkam apakah seluruh layar atau hanya area tertentu.

3. TinyTake

TinyTake adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer MangoApps. Aplikasi ini bisa jadi alternatif buat kamu yang mau menggunakan aplikasi perekam layar gratis.

Meskipun gratis, aplikasi ini dibekali dengan fitur-fitur menarik dan bermanfaat mulai dari opsi untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in/zoom out, fitur anotasi, dan lainnya. 

Sayangnya untuk versi gratis dari aplikasi ini, kamu hanya bisa merekam layar hingga durasi 5 menit saja, namun untuk versi berbayar kamu bisa merekam layar hingga 120 menit.

4. Action!

Aplikasi yang selanjutnya adalah Action!, yang mampu melakukan streaming secara real-time dan merekam layar dengan sangat baik dengan resolusi HD. 

Fitur yang sangat mengesankan adalah merekam video atau suara kamu temukan dalam aplikasi Action!, dan fitur unik lainnya pun bisa kamu temukan di aplikasi canggih yang satu ini.

Selain itu ada juga fitur mengambil gambar secara cepat yang cocok digunakan bagi kamu yang ingin mengambil gambar untuk membuat tutorial. 

Format yang dihasilkan dalam aplikasi ini adalah MP4 dan AVI sehingga cocok untuk disunting melalui aplikasi editing video, seperti Adobe Premiere Pro.

5. ShareX

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi perekam layar tanpa watermark, kamu mungkin akan suka dengan aplikasi yang bernama ShareX. 

Aplikasi open source ini menyediakan berbagai macam fitur pendukung mulai dari fitur anotasi hingga berbagai metode perekam layar yang beragam.

Selain itu aplikasi ini memungkinkan kamu merekam layar tanpa batas waktu dan menyimpan ke dalam format GIF.

6. Debut Video Capture

Aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini bernama Debut Video Capture. Meskipun tampilannya mungkin jadul dan tidak meyakinkan, tapi kenyataannya aplikasi ini menawarkan fitur berlimpah dengan kemampuan yang luar biasa.

Kamu dapat memilih opsi perekam layar secara full screen atau pada area tertentu saja, mengatur resolusi video frame rate, fitur video overlay untuk merekam layar dan webcam secara bersamaan, dan time lapse.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan screenshot di PC kamu menggunakan aplikasi ini.

Demikian adalah aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kamu gunakan untuk merekam aktivitas di PC-mu.

 

 

 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER