6 Inspirasi Hampers Imlek yang Relate dengan Shio Kelinci Air

18 Jan 2023 06:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi hidangan khas Imlek yang bisa jadi inspirasi hampers. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Banyak cara yang bisa dilakukan menjelang Imlek, salah satunya adalah memberikan hampers atau parsel kepada orang terdekat. Apalagi waktu Imlek semakin dekat yaitu tanggal 22 Januari 2023.

Tahun Baru Imlek kali ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Shio ini dikenal membawa keberuntungan, terlebih kelinci air yang dianggap mampu membawa aura positif, lembut, dan lincah. Hal ini tentu berbeda dengan shio di tahun sebelumnya yaitu shio macan.

Shio Kelinci Air ini diharapkan dapat memberi aura positif juga kepada teman atau saudara di sekitar. Dengan memberikan hampers kepada teman atau saudara, harapannya dapat menjadi sarana untuk menjaga tali persaudaraan yang sudah ada.

 

Inspirasi Hampers yang Bisa Jadi Pilihan

Berikut inspirasi hampers Imlek yang sesuai dengan shio Kelinci Air:

  • Kue Keranjang

Kue ini menjadi hidangan yang wajib disajikan pada saat Imlek. Oleh karena itu, kue ini tidak boleh sampai absen dalam setiap perayaan Imlek.

  • Jeruk Segar

Buah jeruk atau chi zhe berarti buah yang membawa rezeki. Artinya, jeruk segar ini dapat mendatangkan kebaikan dan keberuntungan bagi siapapun yang mendapatkannya.

  • Kue Lapis Legit

Kue ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk hampers. Menurut kepercayaan Tionghoa, kue lapis legit dengan susunan berlapisnya melambangkan rezeki yang berlapis dan tidak pernah habis.

  • Tea Pot atau Set Peralatan Minum Teh

Tea pot ini juga dapat menjadi alternatif hampers yang bisa kalian berikan. Pasalnya, orang Tionghoa masih memegang tradisi ngeteh sebagai momen sakral. Minum teh juga dapat mempererat persaudaraan karena dapat menjadi waktu yang tepat untuk saling bertukar cerita.

  • Bouquet Bunga

Bunga dapat menjadi simbol kasih sayang bagi seseorang. Memberikan bouquet bunga pada saat Imlek dapat menjadi salah satu bentuk ungkapan kasih. Hal ini mampu memberikan aura positif guna menjaga hubungan persahabatan atau persaudaraan yang ada.

  • Bouquet Angpau

Tidak bisa dipungkiri bahwa angpau merupakan tradisi dan ciri khas Tahun Baru Imlek. Angpau ini biasanya diberikan kepada keluarga atau kerabat yang masih muda  dan belum menikah. Angpau sendiri merupakan simbol kepedulian dan berbagi kebahagiaan bersama orang lain, terutama orang yang kurang mampu.

Tips mempersiapkan hampers

Tidak perlu hampers yang mahal, cukup yang sederhana tetapi bermakna. Kamu juga tidak bisa sembarangan dalam memilih hampers. Perlu perencanaan yang matang agar hampers Imlek dapat berkesan bagi orang yang mendapatkannya. Berikut tips untuk memilih hampers.

  1. Tentukan budget pengeluaran untuk membeli hampers
  2. Buat daftar penerima hampers untuk keluarga atau kolega di sekitarmu
  3. Belilah sesuatu yang simple dan bermakna bagi orang yang akan kamu beri hampers
  4. Pesan hampers jauh-jauh hari sebelum Imlek
  5. Sisipkan kartu ucapan dalam hampers berisi harapan atau ucapan tertentu
  6. Kamu bisa membuat hampers sendiri agar sesuai dengan ekspektasi dan menghemat pengeluaran


Jadi bagaimana, apakah kamu sudah kepikiran akan memberikan hampers apa untuk orang terdekatmu saat Imlek nanti?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER