6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memperingati Hari Perempuan Internasional 2023

7 Mar 2023 20:03 WIB

thumbnail-article

Salah satu poster peringatan Hari Perempuan Internasional. Sumber: Freepik/pikisuperstar.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day serentak diperingati pada tanggal 8 Maret 2023. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari tersebut, baik dilakukan secara daring maupun luring.

Tema yang diangkat oleh IWD tahun ini adalah #EmbraceEquity atau rangkul kesetaraan. Tema tersebut mengajak untuk menolak stereotip gender, diskriminasi, dan mengupayakan inklusi melalui aktivisme secara kolektif guna menciptakan perubahan.

Banyak sekali kegiatan yang diadakan guna menyambut perayaan Hari Perempuan Internasional. Ada seminar atau webinar, diskusi publik, hingga workshop yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan.

Berikut rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengikuti peringatan Hari Perempuan Internasional:

  • Mengikuti aksi

Bagi kamu yang suka terjun lapangan dan menyuarakan pendapat di muka umum, kamu bisa mengikuti aksi International Women’s Day yang diselenggarakan serentak di beberapa daerah. Tentunya kamu harus paham lebih dulu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti aksi. Kamu bisa mengikuti pembekalan atau konsolidasi yang biasanya diadakan H-1 aksi IWD.

  • Mengikuti campaign di media sosial

Kamu bisa berfoto dengan cara memeluk diri sendiri sebagai tanda rasa solidaritas. Posting foto tersebut di media sosialmu dengan menyertakan tagar #IWD2023 dan #EmbraceEquity.

  • Gunakan pakaian berwarna ungu

Warna ungu menandakan keadilan, martabat, dan setia kepada tujuan. Warna ini biasa digunakan oleh aktivis perempuan maupun IWD. Selain warna ungu, kamu juga bisa menggunakan pita.

  • Berbagi cerita inspiratif

Kamu juga bisa berbagi cerita dengan perempuan-perempuan di sekitarmu untuk memberi semangat dan energi positif. Dengan begitu, kamu bisa saling menguatkan sesama perempuan untuk memupuk rasa sisterhood.

  • Mengikuti workshop tentang perempuan

Biasanya banyak webinar, seminar, atau workshop yang menjadi puncak perayaan Hari Perempuan Internasional. Kamu bisa mengikuti acara tersebut sambil menambah ilmu, pengalaman, dan relasi.

  • Mempelajari feminisme dan perjuangan perempuan

Jika kamu malas mengikuti kegiatan-kegiatan tertentu, kamu juga bisa membaca referensi terkait feminisme dan perjuangan perempuan. Selain menambah wawasan, kamu juga bisa mengembangkan critical thinking, terutama berkaitan dengan permasalahan perempuan zaman sekarang.

Berikut beberapa referensi buku tentang feminisme dan perempuan yang bisa kamu baca:

  • Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap Perempuan (Ester Lianawati)
  • Perempuan yang Dihancurkan (Simone de Beauvoir)
  • Membunuh Hantu-Hantu Patriarki (Dea Safira)
  • Manifesto Perlawanan Perempuan (Valerie Solanas)
  • Tersentuh dan Bebas: Teologi Seorang Perempuan Asia (Marianne Katoppo)
  • Feminisme Tanpa Batas (Chandra Talpade Mohanti)

Walaupun International Women’s Day ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1975, nyatanya hingga kini perempuan belum bisa mencapai kesetaraan. Masih banyak bias gender dan diskriminasi terjadi di sekeliling kita.

Oleh karena itu, peringatan Hari Perempuan Internasional akan terus dirayakan. Selamat memperingati Hari Perempuan Internasional 2023!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER