6 Rukun Iman dan Penjelasannya dalam Al-Quran

24 Jan 2023 13:01 WIB

thumbnail-article

Jemaah haji mengelilingi Ka'bah dan berdoa di Masjidil Haram menjelang ibadah haji tahunan, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 6 Juli 2022. REUTERS/Mohammed Salem

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Rukun iman menjadi salah satu pondasi penting dalam agama Islam. Dalam beragama, keimanan merupakan dasar dari segala perilaku manusia.

Mengutip kitab At-Takrifat karya Syekh Al-Jurjani, iman sendiri memiliki pengertian membenarkan dalam hati. Sementara dalam syariat, iman berarti meyakini dengan hati dan mengikrarkan dengan lisan.

Pengertian tersebut sejalan dengan yang dijelaskan dalam kitab Al-Fashlu fil Milal karya Ibnu Hazm Al-Andalusi Al-Qurthubi, dalam keimanan keyakinan hati dan pengakuan lisan itu harus berlangsung secara bersamaan.

Rukun iman sendiri terdiri dalam enam perkara yang wajib diyakini, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Penjelasan tersebut tertuang dalam firman Allah surat An Nisa ayat 136 berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kepada kitab (Al Quran) yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

Enam rukun iman

Berikut ini merupakan enam rukun iman dalam Islam beserta penjelasannya.

1. Iman kepada Allah

Rukun iman yang paling pertama dan utama adalah iman kepada Allah, yaitu meyakini dan mempercayai bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, serta meyakini bahwa Allah yang telah menciptakan seluruh alam semesta dan segala kehidupannya

2. Iman kepada malaikat

Mengimani malaikat artinya mengimani wujud dan penciptaan-Nya. Meskipun berwujud gaib, seorang muslim harus mempercayai dan mengimani keberadaan malaikat.

Ada banyak malaikat yang Allah ciptakan, namun hanya 10 malaikat yang harus ketahui oleh seorang muslim yakni malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan.

Selain itu kita juga diminta untuk mengimani sifat-sifat malaikat yang senantiasa patuh dan tunduk kepada Allah seperti yang dijelaskan dalam surat Al Anbiya ayat 19 berikut:

وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ

Wa lahụ man fis-samāwāti wal-arḍ, wa man 'indahụ lā yastakbirụna 'an 'ibādatihī wa lā yastaḥsirụn.

Artinya: "Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih."

3. Iman kepada kitab-kitab Allah

Rukun iman yang ketiga adalah kepada kitab-kitab Allah. Hal ini berarti bahwa umat Islam wajib meyakini dan mempercayai keberadaan kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT.

Selain mengimani Al-Quran sebagai pedoman hidup, Allah juga memerintahkan umat-Nya untuk meyakini kitab sebelum al-Quran seperti Taurat, Zabur, dan Injil. 

Penjelasan tersebut tertuang dalam surat Ali Imran ayat 3 berikut ini:

نَزَّلَ عَلَيۡكَ الۡـكِتٰبَ بِالۡحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَاَنۡزَلَ التَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَۙ‏

Nazzala 'alaikal Kitaaba bilhaqqi musaddiqal limaa baina yadaihi wa anzalat Tawraata wal Injiil.

Artinya: “Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil.”

4. Iman kepada Rasul

Rukun yang keempat, umat Islam wajib mengimani rasul-rasul Allah. Rasul sendiri adalah seorang yang diutus oleh Allah untuk memberikan kabar kebenaran kepada Manusia. 

Allah menjelaskan keberadaan rasul dalam surah Ar Ra'd ayat 38 berikut ini:

وَلَقَدۡ اَرۡسَلۡنَا رُسُلًا مِّنۡ قَبۡلِكَ وَ جَعَلۡنَا لَهُمۡ اَزۡوَاجًا وَّذُرِّيَّةً ‌ ؕ وَمَا كَانَ لِرَسُوۡلٍ اَنۡ يَّاۡتِىَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ ؕ لِكُلِّ اَجَلٍ كِتَابٌ

Wa laqad arsalnaa Rusulam min qablika wa ja'alnaa lahum azwaajanw wa zurriyyah; wa maa kaana lirasuulin ai yaatiya bi aayatin illaa bi iznil laah; likulli ajalin kitaab.

Artinya: “Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan sesuatu bukti (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Untuk setiap masa ada Kitab (tertentu).” 

5. Iman kepada hari akhir (kiamat)

Dalam ajaran islam seorang muslim diwajibkan untuk mengimani adanya hari akhir. 

Hal tersebut berarti bahwa seorang muslim harus meyakini dan mempercayai bahwa hari itu pasti akan datang, dan hanya Allah SWT yang mengetahui kapan hari akhir itu akan datang.

Penjelasan ini termaktub dalam surat Al A'raf ayat 187

يَسۡـَٔـــلُوۡنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرۡسٰٮهَا ‌ؕ قُلۡ اِنَّمَا عِلۡمُهَا عِنۡدَ رَبِّىۡ‌ ۚ لَا يُجَلِّيۡهَا لِوَقۡتِهَاۤ اِلَّا هُوَۘ ‌ؕ ثَقُلَتۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ لَا تَاۡتِيۡكُمۡ اِلَّا بَغۡتَةً ‌ ؕ يَسۡـــَٔلُوۡنَكَ كَاَنَّكَ حَفِىٌّ عَنۡهَا ؕ قُلۡ اِنَّمَا عِلۡمُهَا عِنۡدَ اللّٰهِ وَلٰـكِنَّ اَكۡثَرَ النَّاسِ لَا يَعۡلَمُوۡنَ

Yas'aluunaka 'anis Saa'ati aiyaana mursaahaa qul innamaa 'ilmuhaa 'inda Rabbii laa yujallaiihaa liwaqtihaaa illaa Huu; saqulat fis samaawaati wal ard; laa taatiikum illaa baghtah; yas'aluunaka ka annaka hafiyyun 'anhaa qul innamaa 'ilmuhaa 'indal laahi wa.

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." 

6. Iman qada dan kadar (Takdir)

Rukun Iman yang keenam dan yang terakhir adalah iman akan ketetapan (qada) dan  takdir (kadar) Allah. 

Dalam penjelasan lain, qada adalah rencana dan kadar adalah perwujudan atau kenyataan. Adanya qada dan kadar dijelaskan dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 38 berikut:

مَّا كَانَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ مِنْ حَرَجٍ فِيمَا فَرَضَ ٱللَّهُ لَهُۥ ۖ سُنَّةَ ٱللَّهِ فِى ٱلَّذِينَ خَلَوْا۟ مِن قَبْلُ ۚ وَكَانَ أَمْرُ ٱللَّهِ قَدَرًا مَّقْدُورًا

Mā kāna 'alan-nabiyyi min ḥarajin fīmā faraḍallāhu lah, sunnatallāhi fillażīna khalau ming qabl, wa kāna amrullāhi qadaram maqdụrā.

Artinya: "Tidak ada suatu keberatanpun atas Nabi tentang apa yang telah ditetapkan Allah baginya. (Allah telah menetapkan yang demikian) sebagai sunah-Nya pada nabi-nabi yang telah berlalu dahulu. Dan adalah ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER