8 Ide Kegiatan Akhir Tahun Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Waktumu Bermanfaat

27 Dec 2022 23:12 WIB

thumbnail-article

null

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Tidak terasa kita sudah berada di akhir tahun 2022, sebagian orang akan memilih mudik ke kampung halaman atau pergi berlibur ke luar kota untuk mengisi kegiatan akhir tahun.

Tujuannya tidak lain untuk me-refresh otak dan melepas penat dari kegiatan dan rutinitas kesibukan kerja atau kuliah yang menyita waktu dan pikiran.

Bagi sebagian orang yang tidak sempat mudik atau liburan ke luar kota, ada banyak kegiatan positif dan menarik yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan akhir tahunmu, berikut daftarnya.

1. Berkumpul bersama keluarga dan sahabat

Liburan akhir tahun bisa kamu gunakan sebagai ajang berkumpul atau quality time dengan orang-orang terdekat mulai dari keluarga hingga sahabat.

Mengingat pada hari-hari biasa, kita semua sudah sibuk dengan rutinitas kesibukan masing-masing, akhir tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk merekatkan kembali kedekatan dengan keluarga dan sahabat.

2. Menonton film

Menonton film menjadi alternatif kegiatan akhir tahun yang bisa kamu lakukan bersama orang terdekat. Tidak melulu harus ke bioskop, saat ini sudah banyak platform streaming film yang bisa kamu akses di rumah.

Tentunya dengan kegiatan ini akan menambah menambah keakraban dan keseruan saat berkumpul bersama.

3. Membersihkan rumah

Liburan akhir tahun dapat menjadi waktu yang tepat bagi kamu untuk membersihkan rumah. Tidak banyak orang tahu bahwa kegiatan merapikan atau membersihkan rumah dapat menghilangkan stres, loh.

Kegiatan membersihkan rumah juga dapat memberikan efek meditatif dan terapeutik yang membuat kamu lebih rileks saat melakukannya.

4. Belajar memasak

Bagi kamu yang selama ini hanya suka mencoba berbagai makanan, mungkin liburan akhir tahun saatnya kamu mengeksplor keahlianmu dalam memasak.

Karena bagi sebagian orang, kegiatan memasak lebih menyenangkan daripada hanya sekedar mengkonsumsi makanan yang sudah siap disantap. 

Kegiatan ini juga menjadi ajang kemampuan kamu untuk menghasilkan makanan yang sesuai dengan selera kamu sendiri.

Bahkan kamu juga bisa berkreasi dengan resep makanan mulai dari tradisional hingga western yang tersedia secara gratis di internet.

5. Olahraga

Jika hari-hari biasa kamu disibukkan dengan jam kerja yang membuatmu tidak memiliki waktu untuk olahraga. Kini saatnya kamu untuk mulai mencoba melakukannya.

Sebagian dari kita tidak berolahraga karena seringkali malas bergerak, padahal banyak pilihan olahraga yang tidak memerlukan banyak gerakan seperti yoga.

Kegiatan olahraga ini juga bisa dibuat menyenangkan jika dilakukan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat.

6. Membuat resolusi 

Istilah resolusi atau daftar tujuan hidup pasti sudah tidak asing bagi sebagian orang. Pada akhir tahun ini cobalah untuk membuat daftar resolusi yang ingin dicapai tahun depan.

Tentunya hal ini akan berdampak banyak bagi hidup kamu seperti lebih memiliki tujuan hidup dan lebih termotivasi untuk lebih baik dari tahun sebelumnya

7. Berbagi dengan sesama

Liburan akhir tahun tidak melulu dengan berfoya-foya, salah satu kegiatan akhir tahun yang bisa kamu lakukan adalah berbagi dengan sesama.

Mulai dari membagi makanan di pinggir jalan, mendatangi panti asuhan atau panti jompo, mengajar anak pinggiran dan masih banyak kegiatan sosial lainnya. Menyambut tahun baru dengan berbagi, kenapa tidak?

8. Berdoa bersama

Tidak kalah penting dari kegiatan sebelum-sebelumnya, berdoa bersama bisa kamu lakukan untuk memohonkan harapan dan keinginan di tahun mendatang dan ucapan bentuk ungkapan rasa syukur atas pencapaian tahun ini.

Selain itu kegiatan berdoa juga bisa sebagai ajang merefleksikan diri selama satu tahun dan juga menyusun rencana dan harapan di tahun mendatang.

Itulah delapan ide kegiatan akhir tahun yang bisa kamu lakukan saat liburan, dari daftar diatas mana yang tertarik kamu lakukan?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER