Sebanyak 2,45 Juta Remaja Indonesia Alami Gangguan Jiwa

26 Desember 2022 12:55

Narasi TV

Ilustrasi remaja yang mengalami gangguan kesehatan mental. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) merilis pernyataan berdasarkan riset mutakhirnya, bahwa pada tahun 2022 kelompok remaja dalam rentang usia 10-17 tahun di Indonesia memiliki masalah mental. Kondisi ini terjadi dalam jangka waktu 12 bulan terakhir.

Dalam riset tersebut diungkapkan bahwa 1 dari 20 (sekitar 5,5%) remaja di Indonesia telah mengalami gangguan kesehatan jiwa. Dalam laporannya disebutkan bahwa para remaja tersebut mengaku saat ini merasa lebih cemas, kesepian, dan kian sulit untuk konsentrasi ketimbang sebelum pandemi Covid-19 melanda. 

Dengan kata lain, terdapat sekitar 2,45 juta remaja di Indonesia tengah mengalami gangguan jiwa atau tergolong dalam kelompok ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa). Data tersebut merujuk pada Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-V) yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA).

Banyak remaja mengalami gangguan jiwa dengan persentase 3,7 persen menderita gangguan kecemasan, 1,0 persen gangguan depresi mayor, 0,9 persen mengalami gangguan perilaku, dan sebanyak 0,5 persen mengalami gangguan stres pasca trauma (PTSD) serta gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (ADHD).

Terkait masalah kesehatan mental ini, I-NAMHS mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini telah meningkatkan akses ke berbagai fasilitas kesehatan, namun banyak remaja yang memilih diam dan tidak mencari bantuan profesional.

I-NAMHS menyebut selama 12 bulan terakhir hanya sebanyak 2,6 persen remaja yang menderita gangguan kesehatan mental mengakses layanan kesehatan terkait. Dengan sebagian besar para remaja tersebut memilih mengakses layanan kesehatan jiwa melalui fasilitas yang telah disediakan oleh pihak sekolah.

Gangguan kesehatan bukanlah persoalan yang mudah untuk dihindari oleh manusia, khususnya remaja saat ini. Dalam realitanya, gangguan kesehatan bisa berbentuk fisik dan bisa juga menyerang aspek psikis seseorang. Hanya saja gangguan kesehatan fisik yang menimpa seseorang bisa diatasi seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi.

Berdasarkan angka gangguan jiwa di atas, dapat dikatakan bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap kesehatan mental pada remaja. Kondisi semacam ini berbanding jauh daripada saat sebelum pandemi Covid-19 melanda.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya