Ada Berapa Banyak Negara di Dunia? Berikut Jumlahnya Menurut PBB dan FIFA

2 Mei 2024 11:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi negara-negara di dunia dalam globe. (Sumber: Freepik)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Pernahkah kalian terpikirkan sebenarnya ada berapa negara di dunia ini? Pertanyaan ini sebenarnya terlihat mudah, tetapi untuk mencari jawabannya ternyata cukup sulit karena ada beberapa versi tentang jumlah negara di dunia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan negara sebagai organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. 

Menurut Konvensi Montevideo 1993, sebuah negara harus memenuhi unsur-unsur yaitu memiliki penduduk tetap, wilayah yang pasti, memiliki pemerintahan, dan memiliki kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lain. 

Namun, untuk menentukan jumlah negara bukan perkara yang mudah meski sudah ada unsur-unsurnya. Hal ini dikarenakan dinamika politik internasional yang selalu berubah baik di level global maupun regional. 

Jumlah negara juga bergantung kepada apakah kedaulatan negara tersebut diakui atau tidak. Sebagai contoh, Republik Indonesia tidak mengakui kedaulatan negara Israel sehingga di mata Indonesia Israel bukanlah sebuah negara.

Simak penjelasan berikut mengenai jumlah negara di dunia dalam berbagai versi.

Jumlah negara di dunia

Berikut penjelasan mengenai jumlah negara di dunia berdasarkan beberapa badan internasional:

  • Jumlah Negara di Dunia Menurut PBB
    Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah seluruh negara di dunia adalah 195 terdiri dari 193 negara anggota dan dua negara non-anggota yaitu Tahta Suci Vatikan dan Negara Palestina.
    Negara-negara ini terdaftar di PBB setelah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Keamanan PBB. Namun, ada beberapa negara yang tidak diakui seperti Somaliland, Taiwan, dan Kosovo. Negara tersebut tidak mendapat rekomendasi dari Dewan Keamanan PBB meski telah memenuhi unsur sebagai sebuah negara.
  • Jumlah Negara di Dunia Menurut FIFA
    Federation Internationale de Football Association (FIFA) sebagai lembaga sepak bola tertinggi di dunia juga memiliki anggota yang terdaftar oleh FIFA. Tim Nasional yang akan berlaga dalam laga internasional menghadapi negara lain yang menjadi anggota FIFA.
    Hingga saat ini jumlah anggota FIFA mencapai 211 negara. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan PBB karena FIFA beberapa negara yang menjadi anggota FIFA tidak diakui PBB sebagai negara.
    Contoh paling populer adalah Inggris Raya yang dibagi menjadi empat negara berbeda dalam FIFA yaitu Inggris (England), Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia. Hal ini dikarenakan Kerajaan Inggris terdiri dari keempat entitas tersebut.
    Namun, ada juga negara yang tidak terdaftar di FIFA seperti Vatikan dan Monaco, tetapi keduanya terdaftar sebagai anggota PBB.
  • Olimpiade Musim Panas
    Dalam perhelatan Olimpiade Musim Panas, jumlah negara yang berpartisipasi mencapai 200 negara. Jumlah tersebut terdiri atas beberapa peserta yang mewakili beberapa entitas di dunia, salah satunya mewakili warga yang tinggal di wilayah pengungsian di bawah PBB.

Jadi bagaimana jika muncul pertanyaan mengenai berapa jumlah negara di dunia? Jawabannya tentu saja merujuk kepada jumlah anggota PBB. Sebab, PBB adalah lembaga global terbesar yang menaungi seluruh dunia.

Meskipun ada negara yang tidak diakui oleh PBB, tetapi negara-negara ini termasuk ke dalam wilayah teritori yang diakui oleh PBB walaupun tidak terdaftar sebagai negara anggota. 

Jadi untuk menjawab jumlah negara di dunia, maka dapat kita jawab sesuai dengan anggota PBB, 195 untuk saat ini. Namun, jumlah ini dapat berubah karena dinamika politik global memungkinkan terjadinya munculnya negara baru atau bergabungnya beberapa negara membentuk sebuah negara baru.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR