Apa Itu Cryptarithm? Puzzle Aritmatika yang Disebut Dalam Clash of Champions

14 Jul 2024 11:07 WIB

thumbnail-article

Peserta Clash of Champions tengah mengerjakan soal cryptarithm. (Sumber: YouTube/Ruangguru)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Clash of Champions yang diselenggarakan oleh Ruangguru menjadi perbincangan hangat di media sosial. Perang intelektual para jenius dari kampus ternama di Indonesia ini memperkenalkan sebuah puzzle yang jarang diketahui sebelumnya, Cryptarithm. Apa sebenarnya Cryptarithm?

Cryptarithm adalah jenis puzzle aritmatika di mana angka dalam suatu operasi Matematika diganti dengan simbol atau huruf tertentu. Operasi Matematika yang digunakan adalah penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Dalam cryptarithm setiap huruf mewakili satu angka yang berbeda. Tujuan dari puzzle ini adalah mencari angka yang sesuai dengan huruf sehingga operasi matematika yang diberikan dapat diselesaikan dengan benar.

Istilah cryptarithm muncul tahun 1864 di Amerika Serikat, meski ada yang meyakini juga bahwa cryptarithm muncul jauh lebih awal di Tiongkok. 

Cryptarithm semakin populer ketika Simon Vatriquant memuat banyak permasalahan Cryptarithm tahun 1931 melalui jurnal matematika asal Belgia Sphinx. Di sana terdapat permasalahan Matematika dengan mengganti angka dengan huruf seperti di bawah ini:

Terminologi awal yang digunakan adalah crypt-arithmetic yang kemudian berkembang menjadi istilah cryptarithm.

Jenis cryptarithm

Dalam dunia cryptarithm terdapat beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penggunaan digit, huruf, atau bentuk dari permasalahan matematika digunakan. Berikut jenis-jenis cryptarithm:

  • Alphametic

Alphametic-Cryptarithms adalah bentuk cryptarithm yang paling populer diantara jenis yang lain. Alphametic menggunakan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata yang mewakili angka tertentu. Contohnya dari Alphametic-Cryptarithms yang sangat populer adalah: SEND+MORE=MONEY.

Namun, terdapat aturan khusus dalam Alphametic di mana huruf tidak boleh mewakili angka 0 dan sebuah angka tidak boleh diwakili oleh lebih dari satu huruf. Jika aturan khusus ini dilanggar, maka penyedia puzzle harus memberikan keterangan.

  • Digimatic

Berbeda dengan Alphametic, Digimatic-cryptarithm karakter yang digunakan tidak harus membentuk sebuah kata sehingga karakter yang digunakan tidak harus dalam susunan tertentu yang memiliki makna. Contohnya adalah:  A1B+C4D =EFGH

  • Skeleton/Skeletal Division

Skeleton Division dalam hal ini bukan pembagian tulang dalam kerangka, melainkan bentuk berbeda dari cryptarithm yang berbeda dari alphametic dan digimetic. 

Skeletal Division menggunakan operasi pembagian yang angka numerical-nya diganti dengan huruf. Penggantian angka numerical ini bisa diganti keseluruhan atau sebagian saja.

  • Futoshiki

Terlihat dari namanya, Futoshiki adalah jenis cryptarithm yang dikembangkan di Jepang. Futoshiki sendiri adalah kata dari Bahasa Jepang berarti tidak sama. Lalu seperti apa cryptarithm Futoshiki?

Futoshiki ini menggunakan kotak-kotak persegi seperti 4x4 atau 5x5 di mana setiap sel grid tersebut harus diisi angka. Pemain Sudoku tentu familiar dengan template grid seperti ini. Biasanya terdapat simbol matematika > atau < yang berarti lebih besar atau lebih kecil untuk mewakili ketidaksamaan. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER