Apa Itu Diaspora? Ketahui Manfaatnya untuk Negara

6 Mei 2024 13:05 WIB

Narasi TV

Anak-anak diaspora Indonesia di Belanda. Sumber: kemlu.go.id.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Diaspora adalah proses penyebaran kelompok agama atau suku dari tanah airnya, baik karena paksaan maupun secara sukarela.

Istilah ini juga merujuk pada sekelompok masyarakat yang harus meninggalkan tempat asal mereka dalam waktu singkat dan cepat.

Diaspora bukanlah hal yang asing di telinga kita, terutama seiring dengan semakin mudahnya akses dan peluang di luar negeri. Dalam konteks ini, mari kita bahas secara lebih mendalam tentang diaspora dan fakta-fakta yang terkait.

Apa itu diaspora?

Diaspora adalah fenomena yang melibatkan penyebaran kelompok agama, suku, atau warga negara dari tanah airnya ke berbagai penjuru dunia.

Diaspora Indonesia memiliki definisi yang luas, mencakup orang-orang dengan berbagai keterikatan dengan Indonesia.

Manfaat diaspora bagi pembangunan Indonesia sangat besar, terutama dalam hal promosi produk, investasi, transfer teknologi, dan pengetahuan.

Manfaat diaspora bagi pembangunan

Diaspora sebenarnya memberikan banyak manfaat yang signifikan bagi pembangunan Indonesia. Peran mereka dapat bermanfaat baik dalam konteks tidak atau kembali ke Indonesia, yang tentunya sesuai dengan kesepakatan sebelum dilakukannya diaspora.

Beberapa manfaat diaspora bagi pembangunan Indonesia meliputi:

  1.       Promosi produk dan potensi Indonesia

Diaspora dapat menjadi agen promosi yang efektif untuk produk-produk Indonesia dan potensi-potensi yang dimiliki oleh negara ini.

Informasi yang mereka sampaikan, didukung dengan berbagai fasilitas baik di dalam maupun luar negeri, dapat menghasilkan pendapatan yang berkontribusi pada pembangunan negara.

  1.       Investasi dan pembangunan ekonomi

Melalui penerbitan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) dan program Diaspora Bonds, diaspora Indonesia dapat lebih mudah berinvestasi, membangun bisnis, dan membeli properti di Indonesia. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga memperkuat hubungan dan jaringan antara diaspora dan Indonesia.

  1.       Transfer Teknologi dan Pengetahuan

Diaspora yang hidup dan bekerja di luar negeri seringkali memiliki akses terhadap teknologi, pengetahuan, dan pengalaman yang berharga. Mereka dapat berperan dalam mentransfer teknologi dan pengetahuan tersebut kepada masyarakat Indonesia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan inovasi, produktivitas, dan kemajuan negara.

Dengan memahami peran dan manfaat diaspora, kita dapat melihat betapa pentingnya kerjasama antara diaspora dan pemerintah dalam mendukung pembangunan Indonesia.

Dengan memanfaatkan potensi diaspora secara optimal, Indonesia dapat meraih kemajuan yang lebih baik dan berkelanjutan di berbagai bidang.

Penting bagi pemerintah dan diaspora untuk bekerja sama dalam mengoptimalkan peran mereka demi pembangunan yang lebih baik bagi tanah air.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR