Apa Itu Soft Saving? Gen Z Wajib Paham Ini

30 April 2024 17:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi soft saving yang populer di kalangan Gen Z. (Sumber: Pexels/maitree rimthong)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Menjaga keseimbangan antara kebutuhan saat ini dan persiapan masa depan merupakan tantangan yang dihadapi oleh banyak individu. Hal ini termasuk mencukupi biaya sehari-hari, membayar tagihan, serta menabung untuk keperluan darurat dan pensiun.

Generasi Z telah mengadopsi tren keuangan baru yang dikenal sebagai "soft saving" atau menabung dengan cara yang lebih santai dan fleksibel.

Apa itu soft saving?

Soft saving adalah konsep menabung yang lebih fleksibel, dengan fokus pada perkembangan pribadi dan kesehatan mental daripada kekhawatiran akan keuangan di masa depan.

Terkadang, sisa uang setelah memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak mencukupi untuk menabung secara signifikan.

Oleh karena itu, generasi Z memilih soft saving agar bisa menabung tanpa harus mengorbankan gaya hidup atau merasa terbatasi oleh penghasilan.

Kenapa soft saving begitu populer di kalangan generasi Z?

Soft saving diyakini dapat memberikan dampak positif pada masa depan meskipun menabung dalam jumlah kecil. 

Berbeda dengan metode menabung konvensional yang mungkin memerlukan pengorbanan besar, soft saving mendorong anak muda untuk memulai menabung dengan cara yang lebih ringan dan terjangkau.

Pengumpulan dana dalam soft saving bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian pendapatan bulanan, mengalokasikan bonus atau hadiah, atau menggunakan aplikasi fintech yang mempermudah proses menabung.

Jika menabung lebih sedikit, apa keuntungannya?

Mungkin pertanyaan yang muncul adalah, "Jika menabung dalam jumlah kecil, apa manfaatnya?" 

Soft saving tidak hanya berfokus pada menabung untuk dana pensiun, melainkan juga memberikan kebebasan finansial dan keamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menabung secara fleksibel, generasi Z dapat menggunakan sisa penghasilan untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti liburan, pendidikan tambahan, atau investasi dalam pengembangan diri.

Hal penting yang perlu diingat adalah soft saving bukan hanya tentang jumlah uang yang disimpan, melainkan juga tentang konsistensi dan keberlanjutan dalam menabung.

Meskipun jumlah uang yang ditabung mungkin kecil, dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang. Soft saving juga membantu mengajarkan disiplin dalam mengelola keuangan pribadi, suatu keterampilan yang sangat berharga sepanjang hidup.

Solusi cerdas untuk tantangan finansial di masa depan

Dalam menghadapi tantangan finansial di masa depan, soft saving dapat menjadi solusi cerdas bagi generasi Z. Menabung untuk dana pensiun tidak harus sulit atau mengharuskan pengorbanan besar.

Soft saving memberikan solusi baru bagi siapapun untuk memulai perjalanan finansial mereka dengan cara yang mudah dan menyenangkan. 

Langkah-langkah dalam soft saving dapat membawa kita lebih dekat kepada keamanan finansial dan kebahagiaan dalam hidup.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR