Apa Itu Fenomena Flower Moon yang Terjadi 23 Mei Nanti? Berikut 3 Faktanya

23 Mei 2024 22:05 WIB

Narasi TV

©iStockphoto.com/kumikomini

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi

Selama Mei ini, ada berbagai fenomena langit yang bisa dinikmati oleh masyarakat penggemar fenomena astronomi. Pada 23 Mei nanti akan ada fenomena Flower Moon pada saat bulan purnama. Lantas, apa itu fenomena Flower Moon?

Bersiaplah menyambut Flower Moon! Setiap tahunnya pada bulan Mei akan selalu ada fenomena Flower Moon. Secara definisi, Flower Moon berarti fenomena bulan purnama yang terjadi setiap Mei. Bulan purnama sendiri terjadi saat matahari dan bulan berada dalam tanda yang sama.

Nama lain dari Flower Moon yaitu Corn Planting Moon atau Milk Moon. Fenomena ini bisa dinikmati masyarakat sekitar pukul 20.53. Saat Flower Moon terjadi, jarak Bumi dan Bulan mencapai 390.647 km. Jarak ini memungkinkan Bulan Purnama akan terlihat sangat jelas dengan mata telanjang.

Beberapa ahli astrologi menjelaskan bahwa bulan purnama dapat menimbulkan ketegangan dan kegembiraan bagi manusia. Sebab, bulan purnama memiliki energi tersendiri yang berpengaruh pada manusia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Flower Moon, simak fakta-faktanya berikut ini!

Fakta fenomena Flower Moon

Berikut fakta-fakta seputar fenomena Flower Moon yang wajib diketahui:

  • Bukan istilah ilmiah

Istilah Flower Moon sendiri bukanlah istilah ilmiah. Flower Moon jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti bulan bunga. Hal ini bertepatan dengan banyaknya bunga yang mekar sepanjang tahun, khususnya pada Mei. Ini mewakili berbagai aspek alam dan aktivitas musiman yang berhubungan dengan musim semi.

  • Arti spiritual Flower Moon

Menurut kepercayaan spiritual, Flower Moon dipandang sebagai waktu yang suci untuk bangkit dan berkembang. Flower Moon juga menjadi pengingat bagi manusia untuk bersyukur atas keindahan dunia, melatih kesabaran, dan memulai sesuatu yang baru.

Seperti namanya, diharapkan Flower Moon juga mampu membuat hidupmu semakin indah karena banyak hal-hal baik di sekitar. Dalam hal ini, bunga dianggap menjadi sesuatu yang baik sehingga dapat memberikan keindahan dan kegembiraan pada setiap momen.

  • Waktu yang tepat untuk mewujudkan keinginan

Mengutip ABC News, bulan purnama merupakan waktu yang tepat untuk mewujudkan keinginan dan impian. Sesuatu yang besar akan mungkin terjadi dekat atau selama gerhana bulan berlangsung. Jadi, buang jauh-jauh pikiran negatifmu, serta tanamkan pikiran positif dan resolusi ke depan.

Itu tadi penjelasan dan fakta-fakta tentang Flower Moon. Sudah siap menyambut Flower Moon yang akan terjadi pada Kamis (23/5/2024)?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR