Apa Itu Gap Year? Berikut Definisi dan Alasan Seseorang Memilihnya

16 Juni 2024 13:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi jenjang pendidikan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pasti kamu tidak asing dengan istilah gap year? Istilah ini sering muncul ketika ada orang yang memilih tidak langsung melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah sekolah. Lantas, apa itu gap year dan apa alasan orang memilihnya?

Gap year adalah jeda waktu antara lulus dari sekolah menengah dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Biasanya cuti atau jeda waktu ini berlangsung selama satu tahun.

Istilah gap year tidak hanya digunakan dalam pendidikan saja, melainkan juga di kalangan pekerja. Bedanya, gap year di kalangan pekerja terjadi ketika ia memiliki waktu kosong tanpa pengalaman kerja satu dengan lainnya. Waktu kosong ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan ketika akan melamar seseorang.

Gap year bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai aktivitas seperti mengikuti pelatihan, menjadi relawan, bekerja part-time, belajar, dan lain sebagainya. Dengan begitu, waktu jeda yang ada tidak terbuang sia-sia.

Alasan gap year

Ada berbagai alasan seseorang memutuskan untuk gap year. Secara umum, berikut alasan gap year:

  • Kondisi finansial tidak stabil

Alasan ekonomi seringkali menjadi faktor penghambat ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Terlebih biaya UKT yang semakin mahal dari tahun ke tahun. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan oleh program studi tertentu. Oleh karena itu, seseorang memilih gap year untuk mencari penghasilan tambahan.

  • Mengikuti kegiatan sukarelawan

Ada pula yang mengambil jeda waktu untuk menjadi sukarelawan. Biasanya ini terjadi ketika seseorang harus tinggal di daerah tertentu cukup lama. Kondisi tersebut tentu tidak memungkinkan jika dibarengi dengan kuliah. Namun, percayalah bahwa menjadi sukarelawan akan sangat berguna di masa depan.

  • Traveling

Alasan lainnya yaitu ingin bepergian ke beberapa tempat dan bersenang-senang sebelum masuk ke perguruan tinggi. Pengalaman ini tentu akan sangat menarik dan memiliki ceritanya tersendiri. Selain itu, travelling juga bisa menghilangkan penat setelah selama ini sibuk bersekolah.

  • Mengejar perguruan tinggi impian

Beberapa orang memilih gap year untuk mematangkan persiapan tes masuk ke perguruan tinggi impian. Biasanya mereka akan mengikuti les atau tutor masuk perguruan tinggi tersebut. Mengingat banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk belajar.

  • Mempersiapkan kuliah di luar negeri

Alasan lainnya yaitu mempersiapkan untuk berkuliah di luar negeri. Pasalnya, persyaratan yang harus disiapkan cukup banyak dan tak jarang memakan waktu. Misalnya mengikuti pelatihan bahasa asing, latihan wawancara, persiapan fisik, membuat paspor, dan lain sebagainya.

Apapun alasan memilih gap year, pastikan kamu bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Satu tahun bukanlah waktu yang sebentar. Jadi, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang sembari beristirahat sejenak dari kelelahan fisik dan emosional.

Waktu gap year juga bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenali diri sendiri. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan yang tidak sesuai dengan passion. Bagi para pekerja, gap year juga bisa dimanfaatkan untuk menyusun tujuan karier yang ingin dicapai ke depannya.

Demikian penjelasan mengenai definisi gap year dan berbagai alasan seseorang memilihnya. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR