Apa itu Kode Referral? Jenis Kode dan Cara Kerjanya

26 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas belanja online. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kode Referral mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering berburu diskon, promo, ataupun cashback. Banyak orang yang memanfaatkan kode ini untuk keuntungan bertransaksi.

Bagi kamu yang masih bingung apa itu kode referral serta bagaimana fungsi dan cara kerja dari kode ini, Narasi akan membahasnya lebih detail mengenai kode referral.

Apa itu kode referral?

Sebagai informasi, kode referral merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Kode ini berupa deretan angka, huruf, simbol, atau gabungan ketiganya yang digunakan untuk mengidentifikasikan peserta dalam sebuah program menarik pelanggan baru.

Contohnya pada e-commerce, mereka memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan kepada pelanggan akan mendapatkan potongan harga. Kode ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak antara perusahaan dan pengguna.

Misalnya dalam hal ini saat perusahaan memiliki kode referral untuk pendaftaran suatu aplikasi lalu mengajak pengguna untuk menggunakan kode tersebut ketika mendaftar aplikasi, maka kedua pihak akan mendapat keuntungan dari aktivitas tersebut.

Jenis kode referral

Mengutip dari laman referralrock.com, kode referral dibagi jadi beberapa jenis, berikut adalah ulasannya:

  • Direct Referrals

Jenis kode satu ini banyak digunakan perusahaan untuk memperluas jangkauan jaringan, biasanya perusahaan akan meminta mitra bisnis untuk melakukan promosi. Cara ini cukup mudah untuk menggaet dan meyakinkan pelanggan dalam mempromosikan produk mereka, bahkan dapat juga menarik pelanggan baru

  • Email Referrals

Jenis kode satu ini merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan email untuk menarik pelanggan dan membuat mereka lebih solid, kerena pelanggan akan menunggu email perusahaan mengenai informasi produk

  • Incentive-based Referrals

Jenis ketiga ini akan melibatkan konsumen untuk menarik keuntungan, jika mereka berhasil mengajak orang lain bergabung, maka mereka akan mendapatkan keuntungan lainnya

  • Referrals From Reviews

Kode Referral satu ini akan melibatkan pengguna untuk memberikan ulasan, targetnya adalah pengguna lain akan melihatnya dan tertarik untuk membeli produk mereka.

  • Social Media Referrals

Jenis kelima ini memanfaatkan perkembangan teknologi informasi salah satunya media sosial, tujuannya agar pengguna bisa menyebarkan atau mengunggah produk sehingga perusahaan mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Fungsi kode referral

  • Dapat meningkatkan reputasi brand awareness dan citra perusahaan
  • Membangun hubungan baik dengan konsumen
  • Dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya terutama car aini lebih terjangkau dibandingkan menggunakan iklan berbayar
  • Perusahaan lebih memiliki target yang jelas
  • Dapat meningkatkan konsumen pada produk perusahaan

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR