Apa Itu Leadership? Pelajari Definisi dan Jenis-Jenisnya

1 Jan 2023 12:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kepemimpinan dalam sebuah kerja tim. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Apa itu leadership? Istilah yang satu ini kerap dijumpai dalam sebuah organisasi. Banyak yang beranggapan bahwa leadership adalah sikap yang dimiliki seorang pemimpin yang selalu memberikan pengarahan kepada bawahannya.

Namun, leadership tidak hanya sebatas itu saja, masih banyak pengertian tentang leadership yang harus seseorang ketahui agar suatu saat bisa menjadi seorang pemimpin.

Lantas apa itu leadership? Artikel ini telah menjelaskan terkait pemahaman akan leadership, justru itu simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Leadership?

Sederhananya, leadership memiliki arti kepemimpinan. Namun secara istilah, leadership adalah sebuah sikap untuk memengaruhi, memotivasi, serta mengarahkan seseorang untuk melakukan suatu hal agar mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Ada juga yang memberikan pemaknaan akan istilah leadership sebagai cara seseorang memimpin dalam sebuah organisasi atau perusahan. Perlu diketahui bahwasanya setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, tergantung bagaimana karakter yang ada dalam diri seorang pemimpin.

Jiwa kepemimpinan tidak hanya muncul dalam diri seorang bos, melainkan setiap orang berkesempatan memiliki sifat leadership dalam situasi apapun. Hanya saja tidak semua orang bisa menjadi seorang pemimpin.

Jenis-Jenis Leadership

Setiap orang memiliki jenis leadership yang berbeda. Oleh karena itu terdapat beberapa jenis leadership yang bisa dipahami oleh seseorang sebagai berikut:

  1.       Essential leadership

Essential leadership merupakan jenis kepemimpinan yang memiliki mental yang sangat baik. Seseorang dengan jenis leadership ini mampu menunjukkan sikap yang nantinya akan mendorong bawahannya untuk mengerahkan kemampuan yang dimilikinya dengan performa terbaiknya.

  1.       Exponential leadership

Jenis leadership yang satu ini memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat melihat potensi setiap bawahannya dan menempatkan kemampuan yang mereka miliki di poros yang tepat, sehingga nantinya dapat mendorong perusahaan berkembang dengan cepat.

  1.       Business leadership

Jenis ini merupakan pemimpin yang memiliki cara berpikir strategis dalam sebuah bisnis. Sikap ini tentu mampu meningkatkan keuntungan dalam sebuah perusahaan, baik dalam jangka waktu yang panjang atau singkat.

  1.       Organizational leadership

Jenis organizational leadership adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengelola tim secara terorganisasi sehingga bisa lebih efektif lagi. Langkah ini diambil untuk mencapai apa yang telah menjadi tujuannya.

  1.       Team leadership

Leadership yang satu jenis ini sangat cocok bekerja dalam sebuah tim. Team leadership mampu mengelola tim dengan baik dan mendorong bawahannya agar mencapai tujuan secara bersama.

Demikian pengertian tentang apa itu leadership dan jenis-jenis leadership yang dapat dipelajari dan dipahami dalam artikel ini.

 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER