Mengenal Morning Pages, Metode Journaling untuk Mengurai Pikiran di Pagi Hari

4 Januari 2024 13:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas menulis jurnal. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Ketika tubuh bangun dari tidur, otak langsung aktif bekerja dan memunculkan berbagai macam pikiran mulai dari rencana kegiatan di hari itu, ingatan tentang kejadian kemarin, ide-ide, hingga pemikiran acak lainnya. 

Terkadang, rentetan pemikiran yang muncul setelah bangun tidur membuat kepala menjadi penuh dan berujung pada overthinking, overwhelming, atau merasa cemas berlebih.

Dalam buku The Artist’s Way, penulis Julia Cameron mencetuskan sebuah metode untuk menguraikan berbagai pemikiran yang muncul dan terlintas di kepala pada pagi hari. Metode ini diberi nama morning pages

Apa itu morning pages?

Morning pages adalah sebuah kegiatan brain dumps berupa menuliskan apa pun yang terpikirkan (conscious writing) ke dalam sebuah jurnal atau buku catatan.

Metode journaling ini dilakukan di pagi hari dan biasanya dituliskan sebanyak tiga halaman. Tujuannya adalah untuk menjernihkan pikiran dan melihat permasalahan secara lebih objektif.

Manfaat morning pages

Melakukan morning pages secara konsisten di pagi hari dapat memberikan sejumlah manfaat dalam kehidupan, di antaranya:

  • Menjernihkan pikiran

Morning pages menjadi cara yang efektif untuk memulai hari dengan kepala yang jernih dan pikiran yang segar. Kondisi pikiran yang tenang dan tertata akan membantumu memulai hari dengan lebih santai.

  • Membantu memproses emosi

Bagi sebagian orang, memulai hari di waktu pagi bisa menjadi hal yang sangat melelahkan. Kondisi ini tak jarang memicu stres yang membuat seseorang tidak bisa menjalani hari dengan baik. 

Melalui morning pages, kamu memiliki kesempatan untuk memproses seluruh emosi dan informasi di pagi hari. Dengan demikian, pikiranmu akan menjadi lebih positif. 

  • Mengurangi kecemasan

Saat memulai hari, tak jarang seseorang merasa khawatir akan hal-hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan di hari tersebut. Morning pages dapat membantumu mengurangi perasaan ini dengan menuliskan apa saja yang membuatmu merasa khawatir dan cemas. 

  • Meningkatkan kreativitas

Saat menuliskan morning pages, kamu akan menjumpai sisi kreatif yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Kreativitas ini juga bisa diasah melalui kedisiplinan dalam menerapkan morning pages setiap harinya. 

Cara melakukan morning pages

Untuk mulai melakukan morning pages, yang kamu butuhkan hanyalah buku tulis, jurnal, atau kertas kosong. Selain itu, tentunya, kamu juga harus mempersiapkan niat dan konsistensi untuk menulis setiap hari. 

Julia Cameron, pencetus morning pages, menyarankan untuk menulis dengan tulisan tangan di atas kertas. Meski lebih lambat, menulis menggunakan tangan akan membuatmu merasa lebih terhubung dengan apa yang kamu tulis. 

Selanjutnya, tuliskan apa pun yang terlintas di kepalamu saat itu, bisa berupa rencana, target, ide, pemikiran absurd, atau hal-hal lainnya. Saat tidak tahu hendak menuangkan apa, kamu cukup menulis “Aku tidak tahu mau menuliskan apa” atau kalimat yang sejenis. 

Menurut Julia, tidak ada benar dan salah dalam menuliskan morning pages. Kamu juga tidak perlu memikirkan diksi, padu padan kalimat, atau kualitas tulisanmu. Biarkan tulisanmu mengalir seiring dengan pikiran yang terurai satu per satu. 

Nah, itu dia informasi seputar morning pages, metode journaling yang bisa membantumu memulai hari dengan lebih baik. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR